Ternyata Ini Tanggungjawab Kedudukan Radin atau Mesagus pada suku Haji di Kabupaten OKU Selatan

Ternyata Ini Tanggungjawab Kedudukan Radin atau Mesagus pada suku Haji di Kabupaten OKU Selatan

Aggustam Rachman --

RADARMUKOMUKO.COM - Suku Haji (Aji) di kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) adalah suku terkecil populasinya dibandingkan suku Daya, Kisam, Ranau dan lain-lain.

BACA JUGA:Sosok Daeng Maleini Nama Bandara Mukomuko Pertama, Berdarah Jawa, Istri Seorang Sultan dari Kerajaan Indrapura

Suku Haji hanya tersebar dibeberapa desa yaitu Sukarami,Tanjung Raya, Peninggiran, Kuripan,Surabaya, Sukarena, Karang Pendeta, Kota Agung, Sukabumi. Ada juga di desa Rantau Panjang dan Lubar. Ada juga sebagian pindah dan menetap di Desa Palas Haji  dan Talang Baru Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA:Harga TBS Sawit Bergerak Turun, Rata-Rata Rp 2.250

Raden atau Radin serta Mesagus adalah gelar status sosial tertinggi pada suku Haji. Namun jangan disamakan dengan gelar Raden di pulau Jawa, kalau di pulau Jawa gelar Raden akan otomatis mendapat keistimewaan atau privilage dimata masyarakat.

BACA JUGA:Pipa PDAM Tersumbat, Penyaluran Air ke Ribuan Pelanggan Stop Total

Gelar Raden di Jawa diberikan berdasarkan garis keturunan atau karena pemberian atau hadiah dari raja kepada seseorang yang dianggap berjasa pada kerajaan

BACA JUGA:Polsek MMS Ipuh Kembali Gelar Jumat Curhat, Ini Keluhan dan Saran yang Disampaikan Warga

Pada masyarakat suku Haji ada bermacam gelar Raden atau Radin. Yang tertinggi adalah gelar Radin Dalom atau Radin Batin.

BACA JUGA:Lanjutan Sidang Dengan Pemeriksaan Terdakwa

Pada suku Haji gelar Radin atau Mesagus bisa diberikan karena memang keturunan tapi dapat saja diberikan pada orang biasa yang berasal dari keluarga bukan bergelar Radin atau Mesagus.

BACA JUGA:Dosen UMI Buat Permen Sehat Berbahan Jahe

Tapi pemberian gelar Radin atau Mesagus pada seseorang yang bukan berasal dari keluarga bergelar Radin atau Mesagus biasanya dilatar belakangi oleh sesorang yg akan beri gelar Radin atau Mesagus itu memang tergolong memiliki kelebihan (pintar,cerdik pandai,terpelajar).

BACA JUGA:Tahukah Anda, Jika Honorer Meninggal Saat Tugas, Santunanya Mencapai Rp 115 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: