Jepang Masuk Indonesia Sejak 1938 dan Mulai Menjajah 1942, Begini Sejarah dan Tujuannya

Jepang Masuk Indonesia Sejak 1938 dan Mulai Menjajah 1942, Begini Sejarah dan Tujuannya

Jepang Masuk Indonesia Sejak 1938 dan Mulai Menjajah 1942, Begini Sejarah dan Tujuannya--

RADARMUKOMUKO.COM - Secara garis besar sesuai dengan catatan buku sejarah, Jepang mulau melakukan pendudukan Indonesia secara militer sejak januari 1942, daerah Tarakan, Kalimantan Timur juga dikuasasi. Kemudian 1 Maret 1942, Jepang yang menang dalam Perang Pasiļ¬k, masuk ke wilayah Indonesia lainnya melalui Banten.

Sekitar 5 Maret 1942, Jakarta atau Batavia jatuh ke tangan Jepang, selanjutnya 8 Maret 1942, Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati. Selanjutnya Jepang terus melebar kekuasaannya, tanpa banyak perlawanan dari Belanda.

Manamun demikian jangan salah, merujuk dari berbagai sumber seperti kemdikbud.go.id, Jepang masuk ke Indonesia sebetulnya jauh sebelumnya, dalam beberapa catatan sejarah, Jepang sudah mulai ke Indonesia pada 1938 1939. Namun saat itu tujuannya untuk berinvestasi kepada pemerintah hindia belanda.

Jepang dari awal memang sudah menjadi salah satu negara tujuan ekspor hasil bumi Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda. 

BACA JUGA:Pejuang Keturunan Tionghoa Yang Gagah Berani dan Rela Mati Melawan Penjajah Tanah Air

BACA JUGA:Sultan Hasanuddin dan Putra-Putrinya, Kisah Keharmonisan Keluarga Pahlawan yang Melawan Penjajah

Bahkan dikatakan, Jepang menjadi pesaing Eropa dalam perebutan pasar ekonomi untuk rempah dari Indonesia.

Awal mulai Belanda mengincar Indonesia, seiring dengan Perang Dunia II yang dimulai 1939. Jepang dan Belanda berada di kubu yang saling berhadapan.

Jepang di blok fasisme bersama Jerman dan Italia, sedangkan Belanda menjadi bagian dari Sekutu yang dimotori Amerika Serikat dan Inggris. 

Situasi ini tentunya merugikan Jepang yang telah menanamkan investasi di Indonesia serta mengimpor berbagai komoditas hasil alam dari Hindia Belanda. 

Atas hal itulah Jepang kemudian mengincar Indonesia. Dengan demikian, tujuan awal Jepang atas penguasaan terhadap Hindia Belanda adalah ingin menguasai kekayaan alam Nusantara untuk kebutuhan perang dan industri. 

Jepang menjadi salah satu kekuatan penting dalam Perang Dunia II. Bahkan, Pada tanggal 8 Desember 1941 secara tiba tiba Jepang melakukan serangan ke Pearl Harbour, yaitu pangkalan terbesar angkatan laut Amerika di Pasifik. 

Setelah penyerangan atas Peearl Harbour itu, selanjutnya Jepang dengan cepat melakukan serbuan ke selatan, termasuk ke Indonesia.

Dikutip dari Sejarah Nasional Indonesia VI (1984) karya Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, pemerintah kolonial Hindia Belanda melalui Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborgh Stachouwer menyatakan perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: