Benarkah Beraktivitas di Alam Bisa Membuat Mental Lebih Sehat?

Benarkah Beraktivitas di Alam Bisa Membuat Mental Lebih Sehat?

Benarkah Beraktivitas di Alam Bisa Membuat Mental Lebih Sehat?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Beraktivitas di alam terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti di taman, pantai, atau hutan, dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Salah satu alasan utama kenapa beraktivitas di alam baik untuk kesehatan mental adalah karena alam membantu menurunkan tingkat kortisol, hormon yang berkaitan dengan stres. 

Menghabiskan waktu di alam dapat membantu tubuh dan pikiran untuk rileks, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi.

Beraktivitas di alam juga diketahui dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif, memori kerja, dan fokus. Studi menunjukkan bahwa orang yang sering menghabiskan waktu di lingkungan alam menunjukkan peningkatan signifikan dalam fungsi kognitif dibandingkan dengan mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan.

BACA JUGA:Nikah Siri di Indonesia: Benarkah Menurut Hukum Syariat Islam, Bagaimana Dengan Hukum Positif

BACA JUGA:Siapa Sangka? Racikan Kopi Bikin Daging Lebih Empuk dan Kaya Rasa: Mitos atau Fakta?

Selain itu, beraktivitas di alam juga dapat memicu produksi serotonin dan endorfin, dua neurotransmitter yang membantu meningkatkan suasana hati dan perasaan bahagia..

Mindfulness atau latihan kesadaran di alam juga memberikan dampak positif pada kesejahteraan psikis. Menikmati pemandangan, suara, dan udara segar saat berada di alam membantu seseorang untuk lebih sadar dan hidup di masa kini, yang dapat meningkatkan kepuasan hidup dan mengurangi gejala stres .

Selain manfaat psikologis, aktivitas fisik di alam seperti bersepeda, berjalan kaki, atau berlari juga memberikan manfaat fisik yang berdampak positif pada kesehatan mental. 

Olahraga di alam terbukti lebih efektif dalam mengurangi gejala kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan dibandingkan dengan metode pengobatan tradisional

BACA JUGA:5 Penemuan Paling Aneh dan Mengejutkan yang Berhasil Ditemukan Oleh Ilmuwan

BACA JUGA:Dampak Buruk Anak yang Dibesarkan Oleh Orangtua yang Pemalas

Beraktivitas fisik di alam juga membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan kebugaran fisik secara keseluruhan, yang pada gilirannya mendukung kesehatan mental.

Oleh karena itu, menyempatkan waktu untuk beraktivitas di alam adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan kesehatan mental. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: