Berapa Lama Kita Perlu Berjalan Kaki Setiap Hari? Berikut Penjelasannya

Berapa Lama Kita Perlu Berjalan Kaki Setiap Hari? Berikut Penjelasannya

Berapa Lama Kita Perlu Berjalan Kaki Setiap Hari? Berikut Penjelasannya-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID – Di era modern yang serba sibuk, menjaga kesehatan tubuh menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kurangnya aktivitas fisik dan padatnya rutinitas harian sering kali membuat kita mengabaikan kesehatan

Namun, tahukah Anda bahwa salah satu cara termudah dan termurah untuk menjaga kesehatan adalah dengan berjalan kaki? Ya, aktivitas sederhana ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. 

Lalu, berapa lama kita perlu berjalan kaki setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut?Jawabannya adalah, tergantung pada tujuan kesehatan Anda. Berikut penjelasannya:

1. Untuk menjaga kesehatan umum:

Menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, durasi minimal jalan kaki untuk menjaga kesehatan umum adalah 30 menit per hari. Durasi ini dapat dibagi menjadi dua sesi, yaitu 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari.

BACA JUGA:Personel Polisi – TNI di Mukomuko Wujudkan Kebugaran Jasmani Melalui Senam Bersama

BACA JUGA:Erick Thohir Bicara Jujur Soal Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Ini Target yang Harus Dicapai Shin Tae-yong

2. Untuk menurunkan berat badan:

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, durasi jalan kaki yang ideal adalah 45-60 menit per hari, setidaknya 5 hari dalam seminggu. Anda dapat meningkatkan intensitas jalan kaki dengan mempercepat langkah atau memilih rute yang lebih menantang.

3. Untuk meningkatkan kesehatan jantung:

Jalan kaki selama 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan tekanan darah tinggi.

4. Untuk mengontrol gula darah:

Bagi penderita diabetes, jalan kaki selama 30 menit per hari, setiap hari, dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

5. Untuk kesehatan mental:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: