Amankah Mengonsumsi Air Jahe Saat Perut Kosong? Simak Penjelasannya Berikut!

Amankah Mengonsumsi Air Jahe Saat Perut Kosong? Simak Penjelasannya Berikut!

Amankah Mengonsumsi Air Jahe Saat Perut Kosong? Simak Penjelasannya Berikut!-Istimewa-rmonline.id

RMONLINE.ID - Air jahe memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membantu meredakan gangguan pencernaan. 

Air jahe adalah minuman yang dibuat dengan cara merebus potongan jahe segar dalam air. Proses perebusan ini akan mengeluarkan senyawa-senyawa bermanfaat dari jahe, seperti gingerol dan shogaol, yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. 

Banyak orang mengonsumsinya untuk menghangatkan tubuh, mengatasi mual, dan meredakan kembung.

Banyak yang percaya bahwa minum air jahe saat perut kosong bisa memberikan manfaat tambahan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

Minum air jahe saat perut kosong diyakini dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dari racun. Jahe memiliki sifat diuretik yang ringan, sehingga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui urin.

BACA JUGA:5 Tanda Ini Bisa Menjadi Petunjuk Gejala Kolestrol Mulai Menurun

BACA JUGA:Pernahkah Nyobain Mentimun Rebus? Inilah Manfaat dari Mentimun Rebus Bagi Kesehatan

Selain itu, Jahe dikenal memiliki sifat antiinflamasi. Minum air jahe di pagi hari bisa membantu meredakan peradangan dalam tubuh, seperti pada penderita artritis atau radang sendi.

Air jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meminumnya di pagi hari, kamu bisa membantu tubuh untuk membakar kalori lebih efisien sepanjang hari.

Meminum air jahe saat perut kosong bisa membantu meredakan mual, terutama bagi kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan atau morning sickness.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk rutin minum air jahe saat perut kosong. Beberapa orang mungkin mengalami efek samping.

Bagi sebagian orang, terutama yang memiliki masalah lambung sensitif atau maag, minum air jahe saat perut kosong bisa menyebabkan iritasi lambung dan memperparah gejala maag.

Kemudian, meskipun jarang, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap jahe. Jika kamu mengalami ruam, gatal-gatal, atau gejala alergi lainnya setelah minum air jahe, segera hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter.

BACA JUGA:Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Untuk Makan Malam, Bisa Berbahaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: