Cara Berbuka Puasa Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Serta Berguna Untuk Tubuh

Cara Berbuka Puasa Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Serta Berguna Untuk Tubuh

Cara Berbuka Puasa Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Serta Berguna Untuk Tubuh-Ilustrasi-radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - Sekarang sudah memasuki bulan suci ramadhan 1445 hijriah. Seluruh umat islam melaksanakan ibadah puasa yang merupakan salah satu rukun uman yang wajib dilaksanakan.

Puasa merupakan ibadah yang hakekatnya menahan diri dari rasa lapar, haus, serta berbagai hal yang memiliki potensi membatalkan ibadah puasa. 

Periode pelaksanaan puasa sendiri dimulai dari saat matahari terbit ditandai dengan imsak dan diakhiri ketika matahari sudah terbenam ditandai dengan dikumandangkannya adzan maghrib.

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Turut Hadiri Giat GMPF Tabur Bunga di Makam Fatmawati Soekarno

BACA JUGA:Ada 2 Warga Mukomuko Menjadi Korban Banjir Sumbar, Salah Satunya Wakil Ketua BPD Penarik

Selama berpuasa, momen berbuka puasa merupakan salah satu yang dinantikan. Biasanya berbagai kegiatan menjelang berbuka puasa, seperti ngabuburit, hunting takjil untuk berbuka, hingga menyiapkan berbagai menu berbuka. 

Wajar saja, setelah seharian menahan lapar dan haus, terkadang membuat kita kalap atau lapar mata saat waktu berbuka puasa.

Terkait dengan berbuka puasa, semua harus paham cara berbuka puasa yang benar. 

Jika berbuka puasa yang salah dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan bahkan bisa menyebabkan berat bada naik dengan mudah. 

Diantara cara berbuka yaitu, sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW adalah untuk menyegerakan berbuka saat sudah adzan Maghrib. 

Selain dituliskan dalam ajaran Rasulullah SAW, menyegerakan berbuka jika sudah tiba waktunya juga dapat mengembalikan energi dan melepas dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus. 

Menunda makan dan minum saat berbuka dapat menyebabkan tubuh lemas dan dehidrasi. Pastikan untuk berbuka dengan air putih dan makanan ringan agar perut tidak kaget.

BACA JUGA:Belum Diwajibkan Oleh Agama, Ini 7 Manfaat Berpuasa Bagi Anak-Anak

BACA JUGA:Hati-hati! Beginilah Cara Mengolah Ikan Buntal Agar Tidak Berbahaya dan Gejala Keracunan Ikan Buntal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: