5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Diketahui dan Perlu Diwaspadai

5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Diketahui dan Perlu Diwaspadai

5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Diketahui dan Perlu Diwaspadai-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tekanan darah dapat dikatakan tinggi apabila mencapai angka 130/80 mmHg atau lebih, kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala kesehatan yang dapat mengganggu  aktivitas sehari-hari.

Dalam banyak kasus, penyebab darah tinggi memang belum diketahui secara pasti namun ada beberapa kombinasi faktor yang dianggap dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga faktor keturunan.

Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi ini masih tergolong tinggi tingkatnya, pasalnya penyakit ini bukan hanya menyerang lansia saja, namun usia muda juga dapat mengalami hal tersebut.

BACA JUGA:Ini Penjelasan ahli gizi, Anak Zaman Dulu Tumbuh Sehat Tanpa Susu Tambahan?

BACA JUGA:Apakah Benar Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari dapat Turunkan Kadar Gula Darah? Simak Penjelasannya Berikut

Mengapa anak muda juga rentan mengalami hipertensi? Hal ini terjadi karena banyaknya anak muda yang melakukan kebiasaan tidak sehat sehari-hari, baik dari pola makan, tidur dan lainnya.

Hipertensi tidak bisa di anggap sepele, meskipun dampaknya tidak dirasakan secara langsung namun jika dibiarkan terus menerus maka akan menjadi kondisi yang sangat berbahaya karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras dari biasanya ke seluruh tubuh, hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.

Lalu, apa saja sebenarnya penyebab hipertensi pada usia muda maupun lansia? Dikutip dari berbagai sumber, ini dia faktor penyebab darah tinggi:

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Tahukah kamu bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan atau camilan yang mengandung kadar garam tinggi dapat menjadi penyebab naiknya tensi darah, hal ini dikarenakan jika terlalu banyak mengonsumsi garam maka akan menyebabkan penumpukan natrium alami pada tubuh sehingga membuat ginjal bekerja lebih keras yang meningkatkan tekanan dalam pembuluh darah.

2. Stres berlebihan

Sepeti yang kita ketahui bahwa ketika stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang nantinya akan menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat tensi darah meningkat.

Stres yang dimaksud biasanya terjadi karena beberapa hal yang dipikirkan, mulai dari pekerjaan, keluarga dan lain-lain.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid dan Bantu Ringankan Kram Perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: