Belum Menikah Tapi Haid Tidak Teratur? Waspada, Ini Dampak Berbahaya yang Tak Boleh Disepelekan

Belum Menikah Tapi Haid Tidak Teratur? Waspada, Ini Dampak Berbahaya yang Tak Boleh Disepelekan

Belum Menikah Tapi Haid Tidak Teratur? Waspada, Ini Dampak Berbahaya yang Tak Boleh Disepelekan-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Seorang wanita yang belum menikah dan sudah melewati masa pubertas harusnya mengalami siklus haid yang teratur setiap bulannya, namun faktanya beberapa wanita sering mengalami masalah siklus haid yang cenderung tidak teratur atau tidak tepat waktu.

Siklus haid yang tidak teratur pada perempuan yang belum menikah tidak boleh dianggap sepele, pasalnya hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang cukup serius dan perlu diperhatikan.

Masalah haid yang tidak teratur dapat mempengaruhi wanita pada berbagai tahap kehidupan mereka kedepannya, meskipun tidak semua wanita mengalami hal tersebut namun beberapa wanita lainnya ada yang mengalaminya.

BACA JUGA:Susu Pertumbuhan untuk Anak: Apakah Harga Mencerminkan Kualitas?

BACA JUGA:Kata Dokter Pencegahan Stunting Dengan Pemberian Asi yang Eklusif, Bagaimana Dengan Susu Tambahan?

Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan dan mengatur pola hidup sehat agar siklus haid teratur dan juga lancar, karena ada beberapa dampak berbahaya yang bisa saja disebabkan oleh siklus haid yang berantakan.

Dikutip dari berbagai sumber, ini dia dampak bahaya haid yang tidak teratur saat belum menikah:

1. Mengganggu kesuburan

Pada wanita, menstruasi yang tidak teratur bisa menyebabkan wanita susah hamil karena salah satu tanda wanita bisa hamil adalah dengan kondisi rahim yang subur, mereka yang mengalami haid tidak teratur biasanya mengalami masalah kesuburan pada rahim dan reproduksi.

2. Amenorrhea

Gangguan reproduksi pada wanita yang ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi pada satu periode merupakan gejala penyakit amenorrhea, jika wanita sering mengalami haid yang tidak teratur maka juga akan menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti sakit kepala, gangguan penglihatan dan lain-lain.

BACA JUGA:Kaya Akan Nutrisi, Ini Dia 5 Manfaat Pare yang Tak Terduga Untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Kandungan dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Bayi, Salah Satunya Penting Untuk Mencegah Penyakit

3. Endometriosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: