Sering Sakit Perut Saat Menstruasi? Ini 5 Cara Meredakan Rasa Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

Sering Sakit Perut Saat Menstruasi? Ini 5 Cara Meredakan Rasa Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

Sering Sakit Perut Saat Menstruasi? Ini 5 Cara Meredakan Rasa Nyeri Haid yang Tak Tertahankan-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Sebagai seorang wanita tentunya kita menjadi makhluk istimewa yang diberi kesempatan untuk merasakan menstruasi setiap bulannya.

Namun yang menjadi masalah adalah terkadang sering kali otot-otot rahim mengalami kontraksi yang menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan ketika haid.

Meski tidak semua wanita mengalaminya, namun hal ini dapat mengganggu aktivitas lain dan juga sangat membuat wanita merasa tersiksa, selain nyeri biasanya ketika haid hari pertama sebagian wanita akan mengalami gejala seperti sakit perut, pegal-pegal, pusing hingga mual.

BACA JUGA:Susu Pertumbuhan untuk Anak: Apakah Harga Mencerminkan Kualitas?

BACA JUGA:Kata Dokter Pencegahan Stunting Dengan Pemberian Asi yang Eklusif, Bagaimana Dengan Susu Tambahan?

Sakit perut saat haid disebut dysmenorrhea, hal ini terjadi akibat ketidakmampuan oksigen untuk mencapai jaringan rahim akibat kontraksi dinding rahim, sebenarnya sakit perut ketika haid adalah hal yang wajar namun jika terjadi dalam waktu lama dan tak kunjung hilang rasa sakit perlu untuk diwaspadai.

Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri haid yang tak kunjung hilang dan tak tertahankan? Dikutip dari berbagai sumber, ini dia caranya:

1. Minum air putih hangat

Cara yang satu ini sebenarnya salah satu cara yang sudah umum dilakukan untuk meredakan sakit perut, ketika haid perut akan terasa sakit dan kembung. Dengan mengonsumsi air putih hangat dapat membantu mengurangi rasa kembung dan juga nyeri yang di alami, hal ini terjadi karena aliran darah ke tubuh dan otot-otot yang berkontraksi dapat kendur dengan mengonsumsi air putih hangat.

BACA JUGA:Hentikan Sekarang! Inilah Dampak Buruk dari Tidur dengan Lampu Menyala

BACA JUGA:Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Kuningan Telur Untuk Kesehatan dan Manfaatnya Berikut

2. Mandi air hangat

Masih seputar air hangat, selain dikonsumsi mandi dengan air hangat juga dapat membantu mengurangi kram pada perut saat haid, mandi dengan air hangat dapat membantu otot perut menjadi rileks sehingga mengurangi ketegangan dan meningkatkan aliran darah.

3. Kurangi camilan tidak sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: