Manfaat Makan Ubi Sebagai Sumber Vitamin C dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Serta Produksi Sel Darah Putih

Manfaat Makan Ubi Sebagai Sumber Vitamin C dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Serta Produksi Sel Darah Putih

Manfaat Makan Ubi Sebagai Sumber Vitamin C dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Serta Produksi Sel Darah Putih--

RADARMUKOMUKO.COM - Ubi atau ubi jalar adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ubi memiliki rasa yang manis dan legit, serta sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis panganan, mulai dari gorengan, kolak, hingga kue. Namun, tahukah Anda bahwa ubi ternyata memiliki manfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh?

Ubi mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi penting yang terkandung dalam ubi adalah vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

BACA JUGA:Jenis Makanan Yang Baik Untuk Anak Agar Tumbuh Cerdas dan Sehat

BACA JUGA:Mengonsumsi Buah Nanas Ternyata dapat Meningkatkan Proses Perawatan Kulit Menjadi Lebih Baik

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat ubi yang berkaitan dengan kekebalan tubuh:

- Meningkatkan produksi sel darah putih.

Sel darah putih adalah sel-sel kekebalan tubuh yang bertugas melawan bakteri, virus, jamur, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih dan meningkatkan aktivitasnya.

- Meningkatkan produksi antibodi. 

Antibodi adalah protein yang diproduksi oleh sel darah putih untuk mengenali dan menetralisir antigen, yaitu zat asing yang dapat menyebabkan reaksi imun³. Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi antibodi dan mempercepat penyembuhan luka.

- Meningkatkan produksi interferon. 

Interferon adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh sebagai respons terhadap infeksi virus. Interferon dapat menghambat replikasi virus dan mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh lainnya. Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi interferon dan melawan infeksi virus.

BACA JUGA:Kenapa Mata Bisa Bengkak Saat Bangun Tidur? Ini Dia Penyebabnya

BACA JUGA:Telur, Makanan Super Penuh Protein yang Bisa Jadi Obat Luka Dengan Cara Ambil Memberan di Sini

- Meningkatkan produksi kolagen. 

Kolagen adalah protein struktural yang membentuk jaringan ikat di kulit, tulang, sendi, dan organ tubuh lainnya. Kolagen dapat membantu menjaga integritas dan elastisitas kulit, serta melindungi tubuh dari invasi mikroorganisme. Vitamin C dapat membantu mensintesis kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: