Kalau Tidak Terpaksa Hindari Konsumsi Ikan Ini! Kandungan Merkurinya Tinggi Berpotensi Sebabkan Kanker Otak

Kalau Tidak Terpaksa Hindari Konsumsi Ikan Ini! Kandungan Merkurinya Tinggi Berpotensi Sebabkan Kanker Otak

Kalau Tidak Terpaksa Hindari Konsumsi Ikan Ini! Kandungan Merkurinya Tinggi Berpotensi Sebabkan Kanker Otak--Sumber Foto : ngopibareng.id

RMONLINE.ID- Ikan merupakan nutrisi penting seperti protein, omega-3, vitamin D, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. 

Namun, tidak semua jenis ikan aman dikonsumsi, terutama jika mempertimbangkan kontaminasi merkuri yang dapat terjadi pada beberapa spesies. Paparan merkuri yang berlebihan diketahui dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia, salah satunya adalah meningkatkan risiko terjadinya kanker otak

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ikan-ikan apa saja yang mengandung kadar merkuri tinggi sehingga dapat dihindari demi kesehatan jangka panjang.

Merkuri adalah logam berat yang secara alami terdapat di lingkungan, namun aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, pertambangan, dan industri kimia dapat meningkatkan pelepasan merkuri ke udara, air, dan tanah. 

BACA JUGA:Hati-hati, Ini Dia 5 Penyebab Utama Gatal-Gatal Setelah Mandi?

BACA JUGA:3 Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Vertigo

Ketika merkuri memasuki ekosistem laut, ia dapat berubah menjadi metilmerkuri, bentuk merkuri yang sangat beracun. Metilmerkuri inilah yang dapat terkumpul di jaringan ikan, terutama ikan predator besar yang berada di puncak rantai makanan laut.

Ikan yang hidup di perairan yang terkontaminasi oleh merkuri, terutama di daerah industri, cenderung mengakumulasi merkuri dalam tubuhnya seiring waktu. Ketika ikan-ikan ini dikonsumsi oleh manusia, merkuri dapat masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan efek kesehatan yang berbahaya, salah satunya adalah risiko kanker otak.

Merkuri dikenal sebagai neurotoksin, yang berarti zat ini dapat merusak sistem saraf pusat. Paparan merkuri dalam jangka panjang atau dalam dosis besar dapat menyebabkan gangguan kognitif, memori, dan perkembangan otak, terutama pada anak-anak dan janin. 

Lebih dari itu, beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara paparan merkuri dengan peningkatan risiko kanker, termasuk kanker otak.

Paparan merkuri menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan DNA, yang dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker. Kanker otak sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang sangat agresif dan sulit diobati, sehingga pencegahan menjadi langkah yang sangat penting. 

Mengurangi paparan merkuri dari makanan, terutama ikan yang mengandung merkuri tinggi, adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari potensi risiko ini.

BACA JUGA:Mengenal 7 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Tidur dengan Kipas Angin Setiap Malam

BACA JUGA:Sering Buang Air Kecil Apakah Pertanda Tubuh Sedang Tidak Baik-Baik Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: