Kalau Tidak Terpaksa Hindari Konsumsi Ikan Ini! Kandungan Merkurinya Tinggi Berpotensi Sebabkan Kanker Otak

Kalau Tidak Terpaksa Hindari Konsumsi Ikan Ini! Kandungan Merkurinya Tinggi Berpotensi Sebabkan Kanker Otak

Kalau Tidak Terpaksa Hindari Konsumsi Ikan Ini! Kandungan Merkurinya Tinggi Berpotensi Sebabkan Kanker Otak--Sumber Foto : ngopibareng.id

Beberapa spesies ikan diketahui memiliki kadar merkuri yang tinggi dan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi kalau tidak terpaksa karea tidak ada yang lain?. Berikut adalah beberapa jenis ikan yang sering kali mengandung kadar merkuri tinggi:

1. Ikan Todak (Swordfish)

Ikan todak dikenal sebagai salah satu jenis ikan dengan kandungan merkuri tertinggi. Karena ikan ini adalah predator puncak, ia mengonsumsi ikan-ikan kecil yang juga mengandung merkuri, sehingga menyebabkan akumulasi merkuri yang tinggi dalam dagingnya. Konsumsi ikan todak secara rutin berisiko meningkatkan paparan merkuri ke dalam tubuh.

2. Hiu Hiu

seperti ikan todak, adalah predator besar yang berada di puncak rantai makanan laut. Mereka hidup dalam jangka waktu yang lama, sehingga memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengakumulasi merkuri dari mangsa yang mereka makan. Hiu bukan hanya mengandung merkuri tinggi, tetapi dagingnya juga sering kali mengandung polutan laut lainnya.

3. Ikan Marlin

Ikan marlin juga termasuk dalam kategori ikan dengan kadar merkuri yang tinggi. Seperti ikan lainnya yang berada di puncak rantai makanan, mereka terpapar merkuri dari ikan-ikan kecil yang menjadi mangsa mereka. Konsumsi ikan marlin secara berlebihan bisa meningkatkan risiko paparan merkuri dalam tubuh.

4. Tuna Sirip Besar (Bigeye Tuna)

Tuna merupakan salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, namun tidak semua jenis tuna aman. Tuna sirip besar, yang biasa ditemukan di pasar dalam bentuk sashimi atau sushi, diketahui mengandung merkuri yang lebih tinggi dibandingkan jenis tuna lainnya. Karena itu, konsumsinya sebaiknya dibatasi, terutama bagi wanita hamil dan anak-anak.

BACA JUGA:Manfaat Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Obat Demam Hingga Sembelit

BACA JUGA:Tidur Lebih Nyaman dan Tubuh Tetap Segar, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

5. Ikan Kakap Ikan

kakap adalah salah satu jenis ikan yang sering kali mengandung merkuri dalam tingkat yang cukup signifikan, terutama kakap yang berasal dari laut dalam. Meski sering dikonsumsi karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, konsumsi berlebihan ikan kakap perlu dihindari karena potensi paparan merkurinya.

Dampak Kesehatan dari Paparan Merkuri

Kanker Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: