Hati-hati, Ini Dia 5 Penyebab Utama Gatal-Gatal Setelah Mandi?

Hati-hati, Ini Dia 5 Penyebab Utama Gatal-Gatal Setelah Mandi?

Hati-hati, Ini Dia 5 Penyebab Utama Gatal-Gatal Setelah Mandi? --Sumber Foto : Kompas

RMONLINE.ID – Pernahkah Anda merasa kulit gatal terus-menerus meski sudah mandi dengan bersih? Sensasi gatal yang mengganggu ini tentu saja dapat menurunkan kualitas hidup. Ternyata, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit gatal, salah satunya adalah pakaian yang kita kenakan.

Apa saja penyebab kulit gatal yang seringkali luput dari perhatian?

1. Bahan Pakaian yang Mengiritasi:

Pakaian yang terbuat dari bahan sintetis seperti polyester atau nilon dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan iritasi. Bahan-bahan ini tidak menyerap keringat dengan baik sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi lembap dan memicu pertumbuhan bakteri. Sebaiknya pilih pakaian dari bahan alami seperti katun atau linen yang lebih lembut dan menyerap keringat.

BACA JUGA:6 Ras Kucing yang Ramah dan Penyayang Bisa Menjadi Sahabat di Rumah

BACA JUGA:4 Zodiak yang Terkenal Sabar dan Telaten dalam Merawat Orangtua, Punya Empati Tinggi

2. Deterjen yang Mengandung Zat Kimia:

Deterjen yang mengandung zat kimia keras dapat meninggalkan residu pada pakaian yang dapat menyebabkan kulit gatal dan alergi. Pilihlah deterjen yang bersifat hypoallergenic dan bebas pewangi untuk meminimalkan risiko iritasi kulit.

3. Pakaian yang Terlalu Ketat:

Pakaian yang terlalu ketat dapat menggesek kulit dan menyebabkan iritasi. Selain itu, pakaian yang ketat juga dapat menghambat sirkulasi udara sehingga kulit menjadi lembap dan memicu pertumbuhan jamur.

4. Infeksi Kulit:

Infeksi kulit seperti kurap, kudis, atau eksim juga dapat menyebabkan kulit gatal. Infeksi kulit ini biasanya disertai dengan ruam, kemerahan, dan kulit bersisik. Jika Anda mengalami infeksi kulit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

BACA JUGA:Inilah Berbagai Manfaat Lari Sprint Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

BACA JUGA:Tidur Berkualitas, Tubuh Sehat: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Matikan Lampu Saat Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: