Sering Jadi Pengharum Aroma Makanan, Inilah Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Sering Jadi Pengharum Aroma Makanan, Inilah Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Sering Jadi Pengharum Aroma Makanan, Inilah Manfaat Seledri Bagi Kesehatan-Ilustrasi-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi, Inilah Berbagai Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan

Selain itu, seledri juga merupakan sumber kalium yang baik, mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengatur tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Keempat, seledri dapat mendukung kesehatan tulang. Sayuran ini mengandung vitamin K, nutrisi penting yang terlibat dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. 

Vitamin K membantu mengaktifkan protein yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan dapat mengurangi risiko patah tulang. Mengonsumsi seledri sebagai bagian dari diet seimbang dapat membantu menjaga kepadatan tulang, terutama seiring bertambahnya usia.

Membantu Mengatasi Peradangan

Kelima, seledri mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Peradangan kronis dalam tubuh telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. 

Seledri mengandung senyawa, seperti apigenin dan luteolin, yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Mengonsumsi seledri dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan berpotensi mengurangi risiko penyakit terkait peradangan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Keenam, seledri dapat mendukung kesehatan jantung. Selain kemampuannya untuk membantu mengatur tekanan darah, seledri juga mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Phthalides dalam seledri dapat membantu mengurangi produksi kolesterol oleh hati dan meningkatkan ekskresinya dari tubuh. Mengonsumsi seledri sebagai bagian dari diet sehat untuk jantung dapat berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Menjaga Kesehatan Otak

Terakhir, seledri mungkin memiliki manfaat bagi kesehatan otak. Senyawa apigenin dalam seledri telah terbukti memiliki efek neuroprotektif dalam studi pada hewan. 

Apigenin dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan meningkatkan fungsi kognitif. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, mengonsumsi seledri sebagai bagian dari diet sehat dapat berpotensi mendukung kesehatan otak.

Semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: