Jangan Biarkan Ibadah Jadi Terhambat di Idul Adha, Inilah Minuman yang Bermanfaat untuk Mencegah Hipertensi

Jangan Biarkan Ibadah Jadi Terhambat di Idul Adha, Inilah Minuman yang Bermanfaat untuk Mencegah Hipertensi

Jangan Biarkan Ibadah Jadi Terhambat di Idul Adha, Inilah Minuman yang Bermanfaat untuk Mencegah Hipertensi-Ilustrasi-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Tidur dengan Posisi Miring Bagi Kesehatan

Nitrat dalam bit diubah menjadi nitrit oleh bakteri di mulut, kemudian menjadi nitrat oksida di dalam tubuh. 

Nitrat oksida inilah yang berperan dalam melemaskan dan melebarkan pembuluh darah. Selain itu, bit juga kaya akan folat dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Jus Delima

Delima mengandung polifenol yang kuat, seperti tannin dan anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. 

Kandungan ini dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan, meningkatkan fungsi endotel, dan menurunkan tekanan darah. 

Jus Berry

Berry, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, kaya akan antioksidan seperti anthocyanin dan flavonoid yang dapat memperbaiki fungsi endotel dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah. 

Hal ini membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, berry juga mengandung serat dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Teh

Teh, baik teh hijau maupun teh hitam, mengandung polifenol seperti flavonoid dan catechin yang memiliki sifat antioksidan. 

Kandungan ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah, memperbaiki fungsi endotel, dan menurunkan tekanan darah. 

Teh juga mengandung theanine, sejenis asam amino yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres, yang merupakan faktor risiko hipertensi.

Itulah berbagai minuman yang dapat menjaga kadar tekanan darah di saat hari raya kurban setelah mengkonsumsi daging. Semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: