BWS Kunjungi Dampak Bencana Banjir di Mukomuko, Pemkab Segera Siapkan Dokumen Pendukung Penanganan Bencana

BWS Kunjungi Dampak Bencana Banjir di Mukomuko, Pemkab Segera Siapkan Dokumen Pendukung Penanganan Bencana

Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu telah melakukan tinjauan lapangan. Mengecek dampak bencana banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. 

Menyusul tinjauan pihak BWS, Pemerintah Kabupaten Mukomuko segera menyiapkan dokumen data dukung untuk penanganan dampak bencana banjir  di daerah setempat. 

Bupati Mukomuko H. Sapuan mengungkapkan, pihaknya berterima kasih kepada BWS Sumatera VII Bengkulu yang cepat tanggap terhadap kejadian dampak bencana alam akibat banjir di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

BACA JUGA:Angkat Honorer Menjadi ASN PPPK, Begini Tanggapan Pemerintah Daerah Mukomuko

Dalam rencana penanganan dampak bencana banjir oleh BWS, Pemkab Mukomuko diminta untuk menyiapkan dokumen data dukung. Dalam hal ini, termasuk berkaitan dengan status bencana yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Mukomuko.

‘’Sesuai yang diminta oleh pihak BWS, segera kita siapkan. Ini proses administrasi dan tentu harus kita upayakan sesegera mungkin,’’ kata Bupati Sapuan pada Jum’at, 26 Januari 2024.  

Dikatakan Bupati Sapuan, peristiwa kerusakan yang terjadi di beberapa wilayah, Kecamatan Lubuk Pinang, Kota Mukomuko, Teras Terunjam, Kecamatan V Koto dan Kecamatan Ipuh adalah murni dampak dari bencana banjir. 

‘’Semua peristiwa yang terjadi di daerah itu, betul-betul efek dari bencana banjir. Untuk itu, kami menyampaikan akan siap dalam menyiapkan dokumen administrasi sesuai apa yang dibutuhkan oleh BWS,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Transaksi Pakai BRImo, 15 Nasabah Ini Menangkan Mobil Listrik Keren!

Ditegaskan Bupati Sapuan, pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk segera menyiapkan dokumen data dukung sesuai yang diminta BWS sebagai prasyarat dalam penanganan dampak bencana di daerah ini. 

‘’Dokumen-dokumen yang dibutuhkan segera disiapkan melalui BPBD kita. Dan segera disampaikan ke BWS sebagai dokumen administratif dalam rangka pengajuan ke pemerintah pusat,’’ sampainya. 

Atas laporan Bupati Mukomuko, BWS Sumatera VII Bengkulu pada Rabu, 24 Januari 2024 lalu turun ke 5 lokasi dampak bencana banjir di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

Dalam hal ini, Kepala BWS Sumatera VII Bengkulu Media Ramdan melakukan memantau sekaligus pemetaan kerusakan dan ancaman dari dampak bencana alam banjir tersebut. 

‘’Tinjauan lapangan ini, menindaklanjuti laporan dari pak Bupati. Terkait beberapa ruas sungai yang mengalami sliding, untuk kemudian dimohon bantuannya untuk ditanggulangi secara darurat,’’ kata Media Ramdan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: