Sering Sendawa, Waspada Penyakit Serius

Sering Sendawa, Waspada Penyakit Serius

Sering Sendawa, Waspada Penyakit Serius--

RADARMUKOMUKO.COM - Sendawa adalah hal yang normal terjadi setelah makan atau minum. Namun, jika Anda sering Sendawa tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ini adalah tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh Anda. Apa saja penyebab dan penyakit yang berkaitan dengan Sendawa berlebihan? Simak ulasan berikut ini.

Sendawa terjadi karena adanya udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Udara ini mengandung gas nitrogen dan oksigen yang akan didorong oleh lambung ke atas menuju kerongkongan dan keluar dari mulut. Sendawa adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas secara alami dan mencegah perut kembung atau nyeri perut.

BACA JUGA:5 Manfaat Rutin Minum Jus Daun Pepaya, Salah Satunya Menyehatkan Kulit, Yuk Simak

Namun, sendawa yang terlalu sering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan makan yang salah, konsumsi makanan atau minuman tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu, atau kondisi stres dan cemas. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang faktor-faktor tersebut:

- Kebiasaan makan yang salah. Jika Anda makan sambil berbicara, makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, mengisap permen, minum dengan sedotan, atau merokok, Anda akan menelan lebih banyak udara yang kemudian menyebabkan sendawa. Untuk menghindari hal ini, Anda harus makan dengan tenang, mengunyah makanan dengan baik, dan menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin.

- Konsumsi makanan atau minuman tertentu. Beberapa makanan atau minuman dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut, seperti brokoli, kol, bawang merah, kacang-kacangan, pisang, biji-bijian utuh, kismis, minuman berkarbonasi atau soda, minuman beralkohol, dan makanan tinggi gula, tepung, atau serat. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan atau minuman tersebut atau menggantinya dengan yang lebih sehat dan mudah dicerna.

BACA JUGA:Banyak Kegiatan Tapi Mudah Lelah dan Badan Tidak Fit? Begini Cara Mengatasinya

- Penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa obat dapat mempengaruhi proses pencernaan dan menyebabkan sendawa, seperti obat diabetes tipe 2 (acarbose atau metformin), obat pencahar, dan obat pereda nyeri (aspirin atau ibuprofen). Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut, Anda harus mengikuti anjuran dokter dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Jika sendawa tidak kunjung berhenti, Anda harus segera konsultasi dengan dokter.

- Kondisi stres dan cemas. Saat Anda merasa stres atau cemas, Anda akan bernapas lebih cepat dan menelan lebih banyak udara. Hal ini disebut hiperventilasi dan dapat menyebabkan sendawa. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mencari cara untuk meredakan stres atau cemas, seperti meditasi, yoga, olahraga, atau berbicara dengan orang yang Anda percaya.

Selain faktor-faktor di atas, sendawa yang terus-menerus juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit, seperti gastritis, tukak lambung, refluks asam, sindrom iritasi usus besar, atau gastroparesis. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan peradangan, luka, atau gangguan pada lambung atau usus yang mengganggu proses pencernaan dan menghasilkan gas berlebih.

BACA JUGA:Kulit Mulai Kendur dan Keriput? Gunakan Bahan-bahan Alami Ini Untuk Membantu Mengencangkan Kulit

Jika Anda mengalami sendawa disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, sakit perut, BAB berdarah, penurunan berat badan, atau kesulitan menelan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Sendawa memang bukan hal yang berbahaya, tetapi jika terjadi terlalu sering, Anda harus waspada dan mencari tahu penyebabnya. Jangan anggap remeh sendawa, karena bisa jadi ini adalah tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh Anda. Jaga kesehatan pencernaan Anda dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: