Disepakati, APBD Kabupaten Mukomuko TA 2024 Sebesar Rp1,074 Triliun

Disepakati, APBD Kabupaten Mukomuko TA 2024 Sebesar Rp1,074 Triliun

Disepakati, APBD Kabupaten Mukomuko TA 2024 Sebesar Rp1,78 Triliun--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah (Pemkab) Mukomuko dan DPRD Mukomuko menyepakati Perda APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2024, dengan total pagu sebesar Rp1,074 triliun. 

Kesepakatan bersama tersebut ditetapkan melalui sidang paripurna anggota DPRD Mukomuko yang diselenggarakan pada Kamis, 14 Desember 2023. 

‘’Syukur alhamdulillah, Raperda APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2024 sudah disepakati bersama menjadi Perda. Dengan total pagu Rp1,074 triliun,’’ kata Bupati Mukomuko H. Sapuan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si pada Jum’at, 15 Desember 2023. 

BACA JUGA:Simak! Ini Informasi Terkait Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Kabupaten Mukomuko 2023

Mencermati plafon APBD Kabupaten Mukomuko 2024 yang telah disetujui bersama eksekutif dan legislatif tersebut. Dari estimasi anggaran yang ditetapkan ada peningkatan signifikan dibandingkan dengan APBD tahun 2023 sebesar Rp925 miliar.  

Selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Sekda Abdiyanto membenarkan hal tersebut. Menurutnya, peningkatan pendapatan daerah ini didorong dengan besaran dana transfer pusat. 

‘’Nilai tambah dari estimasi APBD 2024 ini, didorong dari besaran dana transfer pusat. Kita Kabupaten Mukomuko, selain DAK reguler, juga kebagian DAK tematik KSPP. Kemudian juga ada DBH (Dana Bagi Hasil) kelapa sawit. Untuk lebih rinci, nanti setelah APBD dievaluasi pak gubernur,’’ kata Sekda Abdiyanto. 

Selanjutnya, kata Sekda, Perda APBD tahun anggaran 2024 ini segera disampaikan ke Gubernur Bengkulu. 

‘’Setelah ini segera kita sampaikan ke Gubernur Bengkulu untuk kembali diproses evaluasi,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Bina Petani, Bupati Sapuan Sebut Kementerian PUPR Berperan Besar Dukung Sektor Pertanian di Mukomuko

Sidang paripurna pengesahan Perda APBD 2024 berlangsung pada Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIB di ruang sidang utama DPRD Mukomuko. Jalannya sidang, dihadiri langsung oleh unsur pimpinan DPRD beserta anggota. 

Hadiri Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak, CA., CPA, CPI dan Wakil Bupati Mukomuko Wasri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TAPD Kabupaten Mukomuko serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Mukomuko

Pada kesempatan itu, Bupati Mukomuko, H. Sapuan menitipkan pesan kepada semua perangkat daerah. Dengan telah disepakatinya APBD tahun anggaran 2024 ini, pihaknya meminta program kegiatan pada tahun tersebut dapat dijalankan secara optimal. 

‘’Yang perlu kita pesankan, untuk tahun 2024 semua OPD dapat melakukan percepatan-percepatan terhadap program kerja 2024. Dimulai awal tahun, kita menginginkan semua OPD bergerak menyukseskan program kerja yang telah direncanakan. Ukuran kita adalah kinerja. Tolong bayar dengan kinerja terbaiknya,’’ demikian Bupati Sapuan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: