Bina Petani, Bupati Sapuan Sebut Kementerian PUPR Berperan Besar Dukung Sektor Pertanian di Mukomuko

Bina Petani, Bupati Sapuan Sebut Kementerian PUPR Berperan Besar Dukung Sektor Pertanian di Mukomuko

Bina Petani, Bupati Sapuan Sebut Kementerian PUPR Berperan Besar Dukung Sektor Pertanian di Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Di hadapan sejumlah kelompok tani dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Mukomuko. Bupati H. Sapuan secara lantang menyampaikan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berperan besar dukung kemajuan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.   

Hal ini disampaikan Bupati Sapuan dalam kegiatan pembinaan kelompok petani pengelola irigasi di Komplek Bendung Manjuto, Kecamatan V Koto,  Mukomuko pada Kamis, 14 Desember 2023. 

‘’Harus kita akui, majunya sektor pertanian di daerah kita. Di samping peran pemerintah daerah, pemerintah provinsi, ada peran besar Kementerian PUPR melalui BWS Sumatera VII Bengkulu,’’ kata Bupati Sapuan. 

BACA JUGA:Pintu Irigasi DI Kiri Manjuto Dibuka, 714 Hektare Sawah Siap Turun Tanam

Dijelaskan Bupati Sapuan, secara garis besar sumber pengairan areal sawah di wilayah Kabupaten Mukomuko berangkat hasil pembangunan yang telah dirancang dan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, dalam hal ini melalui program kerja BWS Sumatera VII Bengkulu. 

‘’Maka dari itu, atas nama pemerintah daerah Kabupaten Mukomuko kita mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR beserta jajaran, terkhusus BWS Sumatera VII yang senantiasa mengalokasikan program pembangunan untuk pemenuhan air areal pertanian daerah,’’ kata Bupati Sapuan. 

Pada kesempatan ini, Bupati Sapuan juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Mukomuko telah memiliki bendungan yang dinamakan dengan Bendung Manjuto. Dikatakannya, bangunan Bendung Manjuto ini mampu menyuplai air yang cukup untuk proses produksi pertanian. 

BACA JUGA:Tunjang Program TNI AD, Pemkab Mukomuko Berkomitmen Tingkatkan Akses Pembuangan Sampah ke TPA

‘’Potensi lahan sawah petani kita ada 9 ribu hektare yang bisa mendapatkan suplai air dari Bendung Manjuto. Sampai hari ini, lahan sawah petani kita baru tergarap sekitar 4 ribuan hektare, atau setengahnya. Ini yang kita harapkan, kedepan petani lebih maksimal lagi dalam mengolah potensi lahan tersebut, untuk mendukung capaian swasembada pangan di Kabupaten Mukomuko,’’ pintanya. 

Selain itu, Bupati Sapuan juga berharap kepada petani dan masyarakat terus mendukung laju pembangunan, baik program pemerintah, provinsi maupun pusat. 

‘’Khusus untuk laju pembangunan, kita berharap kepada petani maupun masyarakat senantiasa mendukung pemerintah. Khususnya petani, mari kerja samanya untuk memperkuat program ketahanan pangan nasional,’’ demikian Bupati Sapuan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: