Balai Veteriner Lampung Laksanakan Pemetaan Terhadap Puskeswan di Mukomuko

Balai Veteriner Lampung Laksanakan Pemetaan Terhadap Puskeswan di Mukomuko

Balai Veteriner Lampung Laksanakan Pemetaan Terhadap Puskeswan di Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMBalai Veteriner Lampung turun ke Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu dalam rangka pemetaan sarana dan prasarana Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di daerah setempat. 

Giat pemetaan Puskeswan ini, Tim Veteriner Lampung didampingi langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Mukomuko, drh Diana Nurwahyuni pada Rabu, 25 Oktober 2023.

‘’Hari ini, kita mendapat kunjungan dari Tim Veteriner Lampung. Kehadiran rombongan ini dalam rangka melakukan pemetaan terhadap Puskeswan di Mukomuko,’’ kata Diana Nurwahyuni. 

BACA JUGA:Dari 405 Pendaftar PPPK TMS, 191 Sukses Perbaikan dan 214 Dinyatakan Tetap TMS

BACA JUGA:Soal Baliho dan Spanduk Bacaleg Melanggar, Satpol-PP Menunggu Laporan dan Sebut Sudah Masa Sosialisasi

Pemetaan oleh tim veteriner difokuskan kepada sarana dan prasarana Puskeswan yang berhubungan dengan penguatan kinerja pelayanan. Dikatakan Diana, dari pemetaan ini nantinya dapat diketahui beberapa persoalan yang mendasar yang terjadi di Puskeswan di daerah. Selain itu, pemetaan juga dilakukan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) Puskeswan. 

‘’Hasil pemetaan ini, boleh jadi sebagai bahan rekomendasi ke atasan, termasuk ke kementerian. Nanti dapat diketahui apa-apa saja kekurangan yang harus ditutupi untuk kelancaran tugas dan pelayanan Pukeswan di daerah. Ini merupakan bagian dari strategi penguatan kinerja Puskeswan dalam mendukung Siskeswannas di Indonesia,’’ imbuhnya. 

Dijelaskan Diana, di Kabupaten Mukomuko telah berdiri 4 unit Puskeswan. Selama ini telah melaksanakan tugas kerja pelayanan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. 

Hanya saja, dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan, petugas Puskeswan selama ini masih terganjal dengan berpersoalan. Dikatakan Diana, ganjalan utama dalam pelaksanaan tugas, Puskeswan di daerah belum satu pun yang dilengkapi dengan kendaraan dinas. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Kunjungan Silaturahmi di Air Manjuto, Ini Pesannya

‘’Berbicara Sapras Puskeswan, sebenarnya masih serba kekurangan. Akan tetapi, dengan kelengkapan sarana yang ada selama ini, kita tetap upayakan kerja maksimal. Namun untuk kendala utama, yang menjadi persoalan dalam pelayanan, Puskeswan di Mukomuko belum satu pun yang memiliki kendaraan operasional,’’ paparnya. 

Kondisi terkini, Kabupaten Mukomuko telah memiliki 4 unit Puskeswan. Masing-masingnya, Puskeswan Air Manjuto di Lubuk Gedang, Puskeswan Pulai Payung di Ipuh, dan Puskeswan Kota Mukomuko. Dalam pelaksanaan tugas di bidang peternakan dan kesehatan hewan ini, kata Diana, juga dibantu oleh 7 orang petugas dokter hewan. 

‘’Tujuh orang Puskeswan yang ada di Kabupaten Mukomuko, mereka ditempatkan untuk membantu tugas di empat Puskeswan. Dari sisi jumlah tenaga ini, sebenarnya masih kurang, akan tetapi semua program yang berhubungan dengan persoalan peternakan dan kesehatan hewan, dapat dilaksanakan secara maksimal,’’ paparnya. 

Di samping itu, para dokter hewan di daerah ini juga perlu adanya kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan SDM ini bagian penting untuk memberikan pelayanan terbaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: