Resep dan Cara Memasak Rendang dan Dendeng Batokok Khas Padang, Minangkabau

Resep dan Cara Memasak Rendang dan Dendeng Batokok Khas Padang, Minangkabau

Resep dan Cara Memasak Rendang dan Dendeng Batokok Khas Padang, Minangkabau--

- Ketiga segera hidupkan api, lalu mulai aduk bumbu sampai benar-benar mendidih. Tujuan diaduk agar santan yang dimasak tidak pecah. Proses mengaduk-aduk santan dengan perlahan-lahan hingga mendidih dan merata.

- Keempat, bila santan telah mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalamnya dengan perlahan-lahan dan sesekali mengaduk-aduk hingga sekitar 20-30 menit. Jika santan terlihat telah berminyak, Masukan potongan daging rendang yang sudah dibersihkan. Jangan lupa nyala api kompor menggunakan api kecil atau sedang, lalu masaklah hingga santan mengental dan mengering dan juga bumbu meresap ke dalam pori pori daging.

- Terakhir masak hingga daging menjadi empuk dan matang dengan merata, terus mengaduk-aduk perlahan dan terus-menerus supaya bagian dasar tidak menjadi gosong dan daging matang dengan sempurna.

Resep dan cara membuat Dendeng Batokok, Khas Padang:

Tahap awal siapkan daging sapi sebanyak-banyaknya atau sesuai kebutuhan juga kentang. Daging diiris tipis-tipis. Gunakan air secukupnya untuk merebus daging dan kemudian siapkan mintak goreng dan garam seperlunya. 

Bumbu untuk rebus daging:

- Siung bawang putih

- ketumbar

- Ruas jari jahe

- garam

- cabai keriting hijau

- buah cabai hijau besar

- siung bawang merah

- buah tomat hijau ukuran kecil

Kalau sudah siap, caranya, rebus daging dengan bumbu sekitar 15 menit, lalu tiriskan setelah itu daging ditokok-tokok atau digeprek-geprek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: