6 Polwan Pertama Berasal Dari Sumbar, Begini Sejarah Pembentukannya

6 Polwan Pertama Berasal Dari Sumbar, Begini Sejarah Pembentukannya

6 Polwan Pertama Berasal Dari Sumbar, Begini Sejarah Pembentukannya-Istimewa-Berbagai Sumber

RMONLINE.IDPolisi wanita (Polwan) pertama Indonesia yang diangkat adalah sebanyak 6 orang wanita berasal dari Minangkabau Sumatera Barat (Sumbar).

Adapun 6 orang Polwan pertama ini bernama, Dahniar Sukotjo, Mariana Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Djasmainar Husein dan Rosnalia Taher.

Dilansir, adapun yang melatarbelakangi lahirnya polisi wanita, dari kesulitan saat proses pemeriksaan fisik tersangka atau saksi wanita yang terlibat dalam suatu kasus.

BACA JUGA:Menghindari Maksiat! Gus Baha Ungkap Cara Sederhana Agar Jadi Orang yang Baik

BACA JUGA:Sebagian Besar Kendaraan Dinas Pemkab Mukomuko Sudah Tua dan Layak Dilelang

Apalagi saat itu tengah terjadi Agresi Militer Belanda II, sehingga mayoritas masyarakat memilih mengungsi untuk menghindari titik-titik peperangan.

Untuk mencegah penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh polisi. Namun, pengungsi wanita tidak bersedia digeledah secara fisik oleh polisi pria.

Kondisi ini membuat para polisi sering kali meminta bantuan istri mereka atau Bayangkari dan pegawai sipil wanita untuk melakukan pemeriksaan fisik.

Hingga akhirnya, organisasi wanita dan organisasi wanita Islam di Bukittinggi mengajukan usulan kepada pemerintah agar wanita ikut serta dalam pendidikan kepolisian.

Pemerintah Indonesia menginstruksikan Sekolah Polisi Negara di Bukittinggi untuk membuka pendidikan inspektur polisi bagi kaum perempuan.

Setelah melalui seleksi yang ketat, maka terpilihlah enam orang yang semuanya merupakan perempuan Minangkabau.

1 September 1948 sebanyak 6mereka resmi menjalani pendidikan, tanggal tersebut kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya polisi wanita.

BACA JUGA:Menyingkap Jendela Hati: 10 Rahasia Membaca Pikiran Lewat Mata, Wajah, dan Bahasa Tubuh

BACA JUGA:Kemenkes Himbau Warga Indonesia Waspada Terhadap Lonjakan Kasus Penyakit Ganas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: