Kisah Perawat Cantik Emmy Saelan, Ikut Berperang Hingga Meledakkan Diri di Tengah Pasukan Musuh

Kisah Perawat Cantik Emmy Saelan, Ikut Berperang Hingga Meledakkan Diri di Tengah Pasukan Musuh

Kisah Perawat Cantik Emmy Saelan, Ikut Berperang Hingga Meledakkan Diri di Tengah Pasukan Musuh--

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu pejuang perempuan tangguh Indonesia yang pantas untuk dikenang dan menjeri spirit dalam perjuangan dan pengabdian adalah, Salmah Soehartini Saelan yang akrab dengan sebutan Emmy Saelan oleh keluarga dan rekan-rekannya.

Emmy adalah perempuan kelahiran 15 Oktober 1924 di Makassar. Ia lahir dari keluarga  anti Belanda. Ayahnya bernama Amin Saelan merupakan tokoh pejuang yang bergabung dengan Ki Hadjar Dewantara.

Sedangkan adik Emmy bernama Maulwi Saelan juga sama. Mereka sangat mendukung kemerdekaan Indonesia.

Keluarga Saelan membenci Belanda, mereka penuh dengan semangat Nasionalisme. Adik Emmy dalam perjuangannya menjadi ajudan pribadi orang Presiden Sukarno.

Melansir dari pustakajc.co yang juga mengutib dari IDN Times Sulsel dan lansiran publikasi dari Bahri, diawal perjuangan, Emmy Saelen dikenal sebagai seorang petugas kesehatan atau perawat di rumah sakit Stella Maris.

BACA JUGA:Tugas Babu Era Penjajahan Belanda di Indonesia, Sumur, Dapur, Kasur hingga Babak Belur

BACA JUGA:'Londo Ireng' Sebutan Untuk Penghianat Bangsa dan Tentara Afrika Yang Dibawa Belanda

Kala pasukan Sekutu mengambil alih administrasi pemerintahan wilayah pendudukan Jepang, Emmy masih bekerja sebagai perawat. 

Ia turut mendengar kabar proklamasi kemerdekaan dan pengangkatan Sam Ratulangi sebagai Gubernur Sulawesi.

Kala insiden kontak senjata antara KNIL dan para pemuda-pemuda Makassar, banyak pemuda menjadi korban, luka-luka bahkan sampai meninggal. 

Para pemuda yang luka-luka tersebut biasanya dibawa ke rumah sakit Stella Maris untuk dirawat, tempat Emmy Saelan bertugas dan mengembangkan kariernya sebagai juru-rawat.

Melihat kondisi ini semangat nasionaliemenya untuk membantu pejuang dan mempertahankan kemerdekaan semakin menggebu-gebu.

Sebagai perawat Emmy Saelan selain mengobati pejuang yang terluka, ia juga memberikan bantuan obat-obatan secara diam-diam untuk pejuang bangsa. 

Emmy selalu waspada dalam memanfaatkan pekerjaannya, pihak rumah sakit selalu menaruh rasa curiga terhadapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: