Bupati Serahkan Bantuan Sarana Usaha bagi Pelaku UMKM di Mukomuko

Bupati Serahkan Bantuan Sarana Usaha bagi Pelaku UMKM di Mukomuko

Bupati Serahkan Bantuan Sarana Usaha bagi Pelaku UMKM di Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pagi ini, Kamis, 20 Juli 2023. Bupati MUKOMUKO, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI hadir di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten MUKOMUKO. Menyerahkan bantuan sarana penunjang Usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Sarana penunjang usaha yang diserahkan kepada pelaku UMKM dari 3 kecamatan ini, berupa 3 unit gerobak dorong yang diperoleh Pemkab Mukomuko dari program bantuan Disperindag Provinsi Bengkulu tahun 2023. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, SE., MAP kepada radarmukomuko.com mengungkapkan, pelaku UMKM penerima bantuan gerobak dorong ini berasal dari Kecamatan Penarik, Kota Mukomuko dan Kecamatan XIV Koto. 

BACA JUGA:Wartawan Mitra Adhyaksa Ikut Meriahkan Jalan Santai HBA ke 63 Kejari Mukomuko

‘’Ada sekitar 25 pelaku UMKM mengusulkan bantuan gerobak sebagai sarana prasarana mendukung usaha mereka. Namun pada tahap ini, baru terkabulkan untuk 3 unit bantuan berupa gerobak dorong yang diperoleh dari program bantuan Disperindag Provinsi Bengkulu,’’ ungkap Nurdiana. 

Selain itu, tahun ini Pemkab Mukomuko juga memfasilitasi usulan gerobak motor untuk membantu keberlangsungan pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Mukomuko. Sesuai dengan rencananya, bantuan gerobak motor ini bakal disalurkan pada APBD perubahan mendatang. 

‘’Sinyal dari pemerintah provinsi melalui Dinas Koperasi, kita juga kebagian 3 unit gerobak motor untuk membantu keberlangsungan usaha UMKM. Bantuan itu rencananya diserahkan pada APBD perubahan mendatang,’’ imbuhnya. 

BACA JUGA:Hasil Survei Masyarakat, Pelayanan Adminduk Pemkab Mukomuko Semakin Membaik

Menurut Nurdiana, usaha masyarakat yang bergerak di bidang UMKM di wilayah Kabupaten Mukomuko terus bertambah. Mulanya ada sekitar sembilan ribuan pelaku UMKM yang tersebar di 148 desa dan 3 kelurahan di Kabupaten Mukomuko. Hasil validasi lapangan, data terbaru jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Mukomuko telah mencapai 12 ribuan. 

‘’Jumlah pelaku UMKM terus meningkat. Sekitar dua belas ribuan pelaku usaha. Secara bertahap, para pelaku UMKM ini kita bina agar keberlangsungan usaha mereka menapaki kemajuan,’’ ujarnya. 

Bupati Mukomuko H. Sapuan mengungkapkan, bantuan sarana penunjang usaha yang diberikan kepada pelaku UMKM ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Di samping itu, Bupati juga meminta tetap dirawat dan dijaga, sehingga bisa bertahan lama. Disampaikannya, bantuan gerobak dorong ini didapatkan dari hasil koordinasi Pemkab Mukomuko yang selama ini terjalin baik dengan pemerintah Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Mengenal Festival Tabut di Bengkulu, Meluas ke Sumbar Hingga Aceh

‘’Semoga bantuan yang diterima pelaku UMKM ini bermanfaat, dijaga agar bertahan lama,’’ pintanya.

Bupati Sapuan juga menyampaikan bahwa Pemkab Mukomuko tidak tinggal diam dalam memajukan usaha pelaku UMKM di daerah. Peduli UMKM tidak hanya terpaku kepada bantuan sarana, akan tetapi mereka juga perlu diberikan edukasi agar usahanya bisa tumbuh berkembang dan maju. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: