Misteri Gunung Kerinci, Dijaga Manusia Harimau Hingga Naga Raksasa

Misteri Gunung Kerinci, Dijaga Manusia Harimau Hingga Naga Raksasa

Misteri Gunung Kerinci, Dijaga Manusia Harimau Hingga Nagara Raksasa--

RADARMUKOMUKO.COM - Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Sungai Penuh, Jambi merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan adalah gunung merapi aktif. 

Gunung ini senantiasa di datangi para pendaki dari berbagai daerah, karena memang gung Kerinci memiliki daya tarik tersendiri dan dari atas gunung ini, pendaki bisa menikmati pemandangan menakjubkan.

BACA JUGA:Saat Mendaki Gunung Kerinci Jambi, Ketemu dengan Orang Ini Auto Langsung Pulang Kalau Tidak Mau Menyesal

Namun dibalik keunikan dan keindahannya, gunung Kerinci yang juga kerap dinamakan Gunung Gedang ini menyimpan berbagai cerita berbau mistis.

Mulai dari cerita keberadaan uhang pandak atau orang pendek yang misterius, dijaga manusia harimau hingga naga raksasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa mitos gunung Kerinci, Jambi:

Uhang Pandak

Walau sulit dibuktikan, namun cerita orang pandak ini cukup terkenal di Provinsi Jambi bahkan di berbagai wilayah Sumatera, seperti Bengkulu, Sumbar hingga Sumatera Selatan.

Dalam bahasa Indonesia, Uhang Pandak sendiri berarti 'orang pendek'. Diketahui bahwa sejarah tentang legenda orang pendek ini pertama kali ditemukan dari catatan perjalanan Marco Polo tahun 1292 saat dirinya bertualang ke Asia.

BACA JUGA:10 Mitos Suku Jawa, Larang Poto Bertiga, Langgar Nomor 9 Gadis Bisa Jomblo Selamanya

Menurut kesaksian masyarakat setempat yang pernah melihat makhluk ini, Uhang Pandak memiliki ciri-ciri, badan yang dipenuhi bulu, tinggi sekitar 70-130 cm, badan gempal dengan tangan yang panjang, mata berwarna merah dan kaki terbalik bagian tumit di depan. 

Manusuia Harimau

Pertama yang cukup dikenal adalah cerita keberadaan Cindai. Mereka bukanlah manusia biasa, melainkan berwujud setengah manusia dan setengah harimau. 

Legenda ini tak hanya populer di Jambi, tetapi juga sampai Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: