10 Mitos Suku Jawa, Larang Poto Bertiga, Langgar Nomor 9 Gadis Bisa Jomblo Selamanya

10 Mitos Suku Jawa, Larang Poto Bertiga, Langgar Nomor 9 Gadis Bisa Jomblo Selamanya

10 Mitos Suku Jawa, Larang Poto Bertiga, Langgar Nomor 9 Gadis Bisa Jomblo Selamanya--

RADARMUKOMUKO.COM - Suku Jawa menjadi Suku Bangsa dengan populasi paling banyak di Indonesia. Menurut data SP 2010 BPS jumlah populasi Suku Jawa di Indonesia mencapai 95.217.022 jiwa. Angka ini mewakili 40,22 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Umumnya, kelompok Suku Jawa banyak bermukim di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta. Selain itu, Suku ini juga tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Banten, Lampung dan Sumatra. 

BACA JUGA:Tradisi Sunat Bambu Suku Atoni Meto, Diminta Berhubungan dengan Wanita Asing

Bahkan ada beberapa masyarakat Suku Jawa yang bermigrasi ke luar negeri, yakni Suriname dan Malaysia. 

Sebagai suku terbesar dan juga yang tertua, tentu suku jawa memilii berbagai mitos kehidupan, bahkan beberapa mitos Suku Jawa ini turut mempengaruhi orang di luar sukunya.

Berikut beberapa mitos dalam Suku Jawa dilansir dari berbagai simber:

1. Dilarang Keluar Rumah saat Tanggal 1 Suro

Tanggal 1 Suro merupakan hari yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam dan dianggap keramat oleh masyarakat Jawa. Dan biasanya menjadi hari libur nasional. 

Pada 1 Suro, banyak ritual-ritual khusus yang dijalankan oleh masyarakat Jawa, seperti ritual cuci keris dan ritual-ritual lainnya yang dipercayai berkaitan dengan hal-hal mistis.

BACA JUGA:Fakta Suku Oni, Bertubuh Mini, Lincah dan Bisa Hilang, Tinggi Sekitar 70 Cm 

Karena pada hari 1 Suro dipercaya banyak makhluk halus yang mengamati, maka para orangtua akan melarang anak-anak keluar rumah karena dikhawatirkan gangguan oleh makhluk halus yang menghambat. Kalau sudah begini,tanggal merah yang menjadi hari libur, tidak bisa dimanfaatkan sepenuhnya dan sepuasnya.

2. Dilarang Berpergian Hari Sabtu

Mitos selanjutnya yang cukup bikin jengkal larangan adalah pergi di hari Sabtu.

Orang Jawa menganggap bahwa hari Sabtu adalah hari yang kurang baik dan disarankan untuk menunda kepergian di hari lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: