Gunung Kerinci Merupakan Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia, Punya Cerita Mitos

Gunung Kerinci Merupakan Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia, Punya Cerita Mitos

Gunung Kerinci Merupakan Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia, Punya Cerita Mitos--

RADARMUKOMUKO.COM - Bicara soal gunung merapi, maka gunung kerinci yang berada di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 3.805 mdpl, adalah salah satunya yang terkenal.

Malansir dari wikipedia, Gunung Kerinci yang menjadi batas antara wilayah Suku Kerinci dengan Etnis Minangkabaumerupakan gunung merapi tertinggi di Sumatera bahkan di Indonesia, juga salah satu gunung api aktif yang tertinggi di dunia.

BACA JUGA:Korban Meninggal Pendaki Gunung Merapi Sumbar Menjadi 13 Orang, 10 Belum Ditemukan

Dari puncak Gunung Kerinci pendaki dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Kota Padang, dan Kota Bengkulu, bahkan Samudra Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. 

Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat Rawa Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatra. Di belakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang hampir tak tersentuh. 

Gunung ini juga incaran pendaki, keindahan panorama yang masih alami dengan kekayaan flora dan fauna dapat ditemui mulai dari dataran rendah hingga puncak Gunung Kerinci. 

Pendakian ke puncak Gunung Kerinci memakan waktu dua hari 2 malam atau dua hari 1 malam, dimulai dari Jalur Pendakian Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Menariknya lagi, para pendaki yang hendak melakukan perjalanan selama beberapa hari ke hutan hingga ke puncak gunung berapi, bisa sekalian berwisata sehari ke sumber air panas dan air terjun. 

Di sana juga terdapat danau yang unik dan berwarna-warni dengan pemandangan terbaik untuk melihat harimau sumatera di alam liar.

BACA JUGA:Sejarah Gunung Merapi Bukittinggi, Puluhan Kali Meletus Sejak 1822

Jika ingin menghabiskan waktu sebulan menjelajahi Kerinci, itu pun belum cukup karena kawasannya sangat luas. Penjelajah berpeluang besar untuk melihat satwa liar, dikombinasikan dengan pemandangan yang menakjubkan, bentang alam yang beragam, dan suhu yang sejuk, menjadikannya salah satu penjelajahan hutan paling menakjubkan di dunia.

Gunung ini dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Wilayah TNKS adalah areal konservasi yang memiliki luas 1.484.650 hektare.

Kawasan terletak di empat provinsi, namun sebagian besar berada di wilayah Jambi. TNKS ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia The Tropical Rainforest Heritage of Sumatra pada tahun 2006.

Yang membuat penasaran lagi, ada banyak mitos soal gunung kerinci, seperti adanya manusia harimau atau Cindaku pada Gunung Kerinci sangatlah populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: