Di Pondok Pesantren Al Zaytun Gelar Syekh Bukan Kiai atau Gus, Tapi Ini

Di Pondok Pesantren Al Zaytun Gelar Syekh Bukan Kiai atau Gus, Tapi Ini

Sejarah Pondok Pesantren Al-Zaytun-Istimewa-

RADARMUKOMUKO.COM – Di Pondok Pesantren Al Zaytun. Gelar Syekh yang disandangkan Panji Gumilang Pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun bukan berarti kiai atau gus.

Lazimnya, Seseorang pemimpin pondok pesantren dipanggil kiai atau Gus. Namun berbeda dengan Panji Gumilang yang menggunakan gelar Syekh.

Panji Gumilang dalam sehari-hari dikenal dengan sebutan Syekh Al Zaytun. Dalam lingkungan internal Pondok tulisan Syekh biasanya di tulis dengan eja’an Syekh.

Dalam Pondok Pesantren Al Zaytun tokoh-tokoh penting memiliki istilah yang di gunakan. Seperti pengurus yayasan di sebut dengan istilah eksponen.

Namun, penggunaan gelar-gelar tidak ada yang menggunakan baik gelar kiai ataupun gus. Bahkan anak dari pemimpin Mahad Al Zaytun tidak menggunakan gelar gus.

BACA JUGA:Pemimpin Mahad Al Zaytun Utarakan Pendapat Tentang Hindu, Konghucu dan Budha Gautama

Di Islam syekh biasanya dipergunakan untuk gelar kehormatan seseorang, khususnya tokoh yang dituakan. Selain itu juga untuk sebutan pemimpin sufi dan gelar kehormatan seorang ulama.

Ketua Dewan Pengawasan LKM Masjid Rahmatan Lil Alamin, Datuk MYR Agung Sidayu menjelaskan penggunaan syekh di dalam Al Zaytun merupakan sebutan untuk seseorang yang sudah senior.

BACA JUGA:Suku Mante Yang Misterius, Bertubuh Kerdil dan Lincah

Tak hanya itu, ia menurutkan bahwa AL Zaytun memiliki tradisi yang berlaku bahwa anak-anak Syekh Panji Gumilang tidak diberikan gelar gus.

Hal tersebut dilakukan untuk tidak membedakan status seluruh civitas di Al Zaytun sehingga tercipta rasa saling mencintai dan menghormati satu dengan yang lain.

Lebih lanjut, Datuk MYR Agung Sidayu juga menjelaskan bahwa di AL Zaytun tidak ada penggunaan gamis, sorban atau yang lainnya.

Hal itu karena AL Zaytun mengutamakan menggunakan busana nasional. Walaupun hal tersebut digunakan sebatas fashion.

BACA JUGA:Kisah Netizen, Pesan Daging Sapi, Dikasih Daging Babi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: