Suku Mante Yang Misterius, Bertubuh Kerdil dan Lincah

Suku Mante Yang Misterius, Bertubuh Kerdil dan Lincah

Suku Mante Yang Misterius, Bertubuh Kerdil dan Lincah-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM – Suku yang satu ini cukup misterius dan sudah sekian lama dianggap tidak lagi ada. Sampai saat ini, masih belum terdapat bukti ilmiah yang kuat terhadap keberadaan suku ini.

Pada bulan Maret 2017, sekelompok pemotor di Aceh tidak sengaja melihat seseorang yang diduga suku Mante. Seorang yang diduga suku Mante tersebut sempat terkejut dan lari sangat kencang dan adegan ini sempat terekam oleh salah satu pemotor dalam kelompok tersebut. 

BACA JUGA:9 Suku Asli Bali dan Nusa Tenggara, Terkenal dengan Wisata dan Wanitanya Cantik Mempesona

Rekaman tersebut dipublikasikan di Youtube dan secara cepat menjadi perbincangan dalam dunia maya di Indonesia, serta menjadi bahan pemberitaan.

Pemberitaan tersebut membuat Pemda Aceh melakukan penelusuran Suku Mante untuk meneliti keberadaan sebenarnya. Kementerian Sosial juga ikut menelusuri keberadaan suku Mante agar mereka mendapatkan jaminan sosial.

BACA JUGA:Mengenal Suku Nias Sumatera Utara, Keturunan dari Penguasa Langit

Dilansir dari berbagai sumber, Suku Mante, Gayo: Manti atau juga dieja Mantir, adalah salah satu etnik terawal yang disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh. 

Suku ini, bersama suku-suku asli lainnya seperti Lanun, Sakai, Jakun, Senoi, dan Semang, merupakan etnik-etnik pembentuk suku Aceh yang ada sekarang.

Suku Mante diperkirakan termasuk dalam rumpun bangsa Melayu Proto, awalnya menetap di wilayah sekitar Aceh Besar, dan tinggal di pedalaman hutan. Suku-suku asli tersebut diperkirakan beremigrasi ke Aceh melalui Semenanjung Melayu.

BACA JUGA:6 Suku Penghasil Wanita Cantik dan Rahasianya Turun-Temurun

Dalam legenda Aceh, suku Mante dan suku Karo disebut-sebut sebagai cikal-bakal dari Kawom Lhèë Reutōïh (suku tiga ratus), yang merupakan salah satu kelompok penduduk asli Aceh. 

Melayu Proto juga dikenal dengan Melayu Tua, yaitu Melayu gelombang pertama dari dua gelombang migrasi. Migrasi ini diperkirakan terjadi di masa lalu di Nusantara. Sehingga dari sana muncul bahasa Austronesia yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, seperti Toraja, Sasak, Batak, Nias, Gayo, dan sebagainya. Namun penjelasan ini adalah sebatas teori yang disampaikan oleh para arkeolog.

BACA JUGA:10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah

Kemungkinan migrasi suku-suku etnis ini adalah melalui Semenanjung Melayu menuju ke Aceh. Suku Mante juga merupakan salah satu cikal bakal dari Kawon Lhee Reutoih (suku tiga ratus) bersama dengan Suku Batak. Orang Mante kemungkinan sudah punah dikarenakan berbaur dengan suku lainnya yang tiba setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: