Ponpes Al Zaytun Mulai Diinvestigasi MUI, Dugaan Penyimpangan Akidah

Ponpes Al Zaytun Mulai Diinvestigasi MUI, Dugaan Penyimpangan Akidah

Ponpes Al Zaytun Mulai Diinvestigasi MUI, Dugaan Penyimpangan Akidah--

“Memang tupoksi penelitian MUI hanya pada bidang keagaamaan, lebih spesifik soal akidah. Tapi jika ditemukan ada data lain tetap dimasukkan ke dalam hasil penelitian,” kata Ketua MUI Bidang Pengkajian dan Penelitian, Prof Utang Ranuwijaya dalam keterangan tertulis, Kamis 8 Juni 2023 dilansir dari disway.id. 

Utang Ranuwijaya yang juga Ketua Pengarah Tim ini mengungkapkan, hasil dari investigasi dari MUI belum menghasilkan apa-apa kecuali dari data yang ditemukan dari media sosial, juga pihak-pihak luar yang dianggap mengetahui soal Pondok Pesantren Al Zaytun.

BACA JUGA:Ponpes Al Zaytun Kuras Rp1,7 Triliun Bikin Kapal Bahtera Nabi Nuh

BACA JUGA:Sistem Pendidikan Satu Pipa di Ponpes Al-Zaytun Dinilai Efektif Untuk Pendidikan Siswa

"Kesemuanya belum mulai. Tapi mereka sudah menghimpun data-data dari media sosial dan dari beberapa narasumber yang diundang seperti BNPT, Densus (88), NII Center, (dan) Nasir Abas,” sambungnya.

Lebih lanjut, Utang menyampaikan, investigasi lapangan dari MUI ke Pondok Pesantren Al Zaytun ini salah satunya akan bertemu langsung dengan Panji Gumilang untuk mengklarifikasi sejumlah dugaan penyimpangan terhadap Al Zaytun dan Panji Gumilang. 

Hasil Investigasi MUI di Ponpes Al Zaytun Tahun 2002

Sebelumnya, MUI telah melakukan penelitian pada tahun 2002 dan menemukan fakta terkait pesantren Al Zaytun atau Mahad Al Zaytun. 

Kajian pustaka dan dokumentasi dilakukan dengan mengambil semua sumber yang dapat memberikan informasi komprehensif tentang sejarah, latar belakang berdirinya MAZ, serta sistem pendidikan MAZ.

Kontroversi MAZ itu ternyata bersangkut erat dengan doktrin ajaran, afiliasi kelembagaan, dan konsep keagamaan yang dipahaminya.

Bahkan, beberapa pihak menilai pesantren ini sesat dan berbahaya. 

BACA JUGA:Ponpes Al Zaytun Miliki Masjid Rahman Lil Alamin Megah Tertinggi Ke 3 di Dunia

BACA JUGA:Sejarah Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu yang Mesti Diketahui

Berikut temuan MUI pada 2002 lalu.

Ditemukan indikasi kuat adanya relasi dan afiliasi antara MAZ) dengan organisasi NII KW IX, baik hubungan yang bersifat historis, finansial, dan kepemimpinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: