Pemerintah Buka 1,6 Juta Formasi untuk CPNS dan PPPK, Ini Berkas Yang harus Disiapkan

Pemerintah Buka 1,6 Juta Formasi untuk CPNS dan PPPK, Ini Berkas Yang harus Disiapkan

Ilustrasi Aturan PNS--

RADARMUKOMUKO.COM- Pendaftaran CPNS 2023 sebentar lagi akan dibuka. Dikabarkan pemerintah akan membuka sebanyak 1,6 juta formasi CPNS dan PPPK di tahun ini.

Hal ini dijelaskan oleh Kemenkue, bahwa pihaknya telah menandatangani surat usulan yang yang diajukan ke Kementerian keuangan. Surat yang di kirim dari daerah kurang lebih sebanyak 1,03 juta formasi. 

BACA JUGA:Konferkab PWI ke-2 Mukomuko, 3 Calon Rebut Kursi Ketua PWI

Dengan usulan berbagai pihak, dengan proyeksi formasi kurang lebih 1,6 juta formasi.

Sedangkan menteri Anas masih belum memberikan waktu pasti rekrutmen CPNS 2023. Dirinya masih mencoba banyak diskusi dengan stakeholder yang terkait.

Di sisi lain Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik (DAKIP) Kemenpan-RB Mohammad Averrouce mengatakan angka 1,6 juta tersebut masih divalidasi.

Pihaknya menjelaskan untuk formasi penerimaan CPNS di tahun ini yang sudah pasti di tetapkan sebanyak 4.672 formasi diperuntukan sekolah kedinasan.

BACA JUGA:Tambang Batu Bara Ancam Populasi Gajah Sumatera di Bengkulu

Lowongan CPNS tidak hanya di usulkan oleh Pemda, namun juga berbagai lembaga sudah menyetorkan kebutuhan pegawai. Sehingga formasi dapat memenuhi kebutuhan ASN pusat maupun daerah.

Menteri Anas mengatakan sedang mencoba mencari jalan keluar untuk tenaga honorer dan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK.

Saat ini Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang menunggu aturan dari panitia terkait seleksi Nasional Pengadaan Calon ASN (CASN).

Iswinarto, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghimbau kepada calon pendaftar CPNS untuk selalu mengecek perkembangan mengenai pembukaan pendaftaran seleksi CPNS di saluran resmi informasi pemerintah. 

Pendaftaran CASN ini mencakup CPNS secara selektif dan terbatas, selain itu di peruntukan untuk PPPK.

BACA JUGA:Bersama PKS, Andy Suhary Maju Caleg DPRD Provinsi Dapil Mukomuko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: