8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

pukau sumatera indonesia-Radar Mumuko-Radar Mukomuko

Bergabung meliputi Kabupaten Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Pali, Kota Lubuk Linggau dan Kota Pagar Alam. 

Ibu kota provinsi rencananya berada di Kota Pagaralam atau Kota Lubuk Linggau atau bisa juga berada di Kabupaten Lahat.

 

Jumlah penduduk di seluruh wilayah yang mengajukan pemekaran itu adalah 2.565.160 jiwa. Dengan total luas wilayah 30.185,89 kilometer persegi. 

BACA JUGA:Awas! Inilah Beberapa Jenis Mie Instan yang Mengandung Zat Berbahaya

BACA JUGA:Lakalantas Mobil Lawan Motor, Ibu Tiga Anak Meninggal, Ini Kronologisnya

3. Provinsi Aceh Leuser Antara

Provinsi Aceh Leuser Antara. Daerah ini mengusulkan membentuk daerah otonomi baru dengan memekarkan diri dari Provinsi Aceh.

Ada enam kabupaten/kota di provinai berjuluk Serambi Mekah ini sudah menyatakan kesiapan bergabung untuk membentuk provinasi baru. 

 

Meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Gayo Luwes, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Calon lokasi ibu kota provinsi berada Kota Subulussalam atau di Kecamatan Aceh Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Dengan total luas wilayah 19.299,49 kilometer persegi.

Sedangkan total jumlah penduduk dari daerah yang mengajukan pemekaran berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2021 adalah 929.470 jiwa.

Jika pembentukan provinsi ini benar benar terbentuk, maka akan menjadi provinsi dengan jumlah penduduk paling sedikit di wilayah Sumatera.  

BACA JUGA:Kemarau Panjang Bakal Terjadi, Siklus El Nino Melanda Negeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: