8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

pukau sumatera indonesia-Radar Mumuko-Radar Mukomuko

Rencana ibukota provinsi berada di daerah Siborong-borong atau Tarutung Tapanuli Utara atau bisa juga di Kota Sibolga.

Berdasarkan data terbaru, jumlah penduduk di wilayah itu mencapai 1.320.623 jiwa. Dengan total luas wilayah 12.754,22 kilometer persegi. 

Jika provinsi ini terbentuk, maka Danau Toba akan masuk dalam dua provinsi.

BACA JUGA:Mau KUR BRI Rp 100 Juta, Lengkapi Syarat Ini

6. Provinsi Aceh Barat Selatan

Usulan pemekaran provinsi selanjutnya, masih berada di Provinsi Aceh. Yakni usulan pembentukan Provinsi Aceh Barat Selatan.

Rencananya juga ada enam kabupaten yang akan bergabung dalam provinsi ini yakni Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat Daya Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Simeulue.

 

Calon lokasi ibu Kota Provinsi Berada di Aceh Barat dengan total luas wilayah 17.488,34 kilometer persegi. Sedangkan total jumlah penduduk berdasarkan data tahun 2021 adalah 946.640 jiwa. 

BACA JUGA:Pinjam KUR BRI Plafon Rp 250 Juta, Segini Angsurannya

7. Provinsi Sumatera Tenggara

Usulan pemekaran provinsi selanjutnya adalah Provinsi Sumatera Tenggara, yang juga mengajukan pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara. 

Lima kabupaten/kota dari daerah paling selatan Provinsi Sumatera Utara ini sudah menyatakan kesiapan bergabung untuk membentuk Provinsi Sumatera Tenggara.

Yakni Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten tapanuli Selatan, Kabupaten padang Lawas, Kabupaten padang Lawas Utara dan Kota Padang Sidimpuan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: