8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

pukau sumatera indonesia-Radar Mumuko-Radar Mukomuko

4. Provinsi Natuna Anambas

Usulan pemekaran adalah Provinsi Natuna Anambas. Walaupun baru dimekarkan dari Provinsi Riau 19 tahun lalu, namun karena jaraknya jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Riau, maka muncul rencana menjadikan daerah ini menjadi provinsi.

 

Karena di daerah ini hanya ada dua kabupaten, sementara usulan minimal untuk membentuk pemerintahan provinsi ada lima kabupaten kota yang bergabung, maka akan dilakukan dulu pemekaran kabupaten. 

Kabupaten yang diusulkan untuk dimekarkan yakni Kabupaten Natuna Barat dan Kabupaten Natuna Selatan yang akan dimekarkan dari Kabupaten Natuna.

Kemudian Kabupaten Nantuna Anabas yang akan dimekarkan dari gabungan wilayah Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

 

Sedangkan letak ibukota provinsi rencananya berada di Kota Ranai yang saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Natuna. 

Luas wilayah provinsi ini nantinya jika disetujui pemekarannya adalah 2.599,18 kilometer persegi. Dengan jumlah penduduk berdasarkan data terbaru 132.100 jiwa pada tahun 2021.

BACA JUGA:Koin 100 Rupiah Gambar Rumah Gadang Seharga Motor, Jualnya di Sini

BACA JUGA:Heboh Gaji Perangkat dipotong, Kades Didatangi Camat, Ikuti Aturan ini

5. Provinsi Tapanuli

Usulan pemekaran provinsi selanjutnya adalah Provinsi Tapanuli yang mengajukan pemekaran membentuk otonomi daerah dari Provinsi Sumatera Utara.

Daerah yang akan bergabung dalam usulan pemekaran Provinsi Tapanuli adalah Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasudutan dan Kota Sibolga. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: