8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

8 Daerah di Sumatera Ingin Mekar Menjadi Provinsi Baru, Mana Saja Cek Disini

pukau sumatera indonesia-Radar Mumuko-Radar Mukomuko

Daerah ini memang berada jauh dari ibu kota provinsi Sumatera Utara, sehingga untuk mempersingkat rentang kendali pemerintahan daerah ini mengajukan pemekaran. 

Rencananya ibukota provinsi akan berada di Kota Padang Sidimpuan. Total luas wilayah adalah 20.089,92 kilometer persegi dan jumlah penduduk 1.536.691 jiwa.

BACA JUGA:Capres Ganjar Pranowo Berpeluang Menang di Mukomuko, Dekat Dengan Bupati

8. Provinsi Kepulauan Nias 

Usulan pemekaran provinsi selanjutnya adalah Provinsi Kepulauan Nias. Daerah ini juga berencana memisahkan diri dari Provinsi Sumatera Utara.

Kondisi giografis dan latar belakang budaya menyebabkan Kepulauan Nias ingin memekarkan diri dari Provinsi Sumatera Utara.

Tujuannya untuk mempercepat laju pembangunan dan mensejahterakan masyarakat. Saat ini sudah ada 4 kabupaten dan satu kota di Kepulauan Nias. 

 

Wilayah yang akan bergabung dalam usulan Provinsi Kepualaun Nias ini adalah Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kota Gunungsitoli.

Rencananya ibukota Provinsi akan berada di Kota Gunungsitoli. Total luas wilayah 5.625 kilometer persegi dan berdasarkan data Badan Pusat Statistik terbaru jumlah penduduk adalah 890.039 jiwa. BACA JUGA:Sederet Uang Koin Paling Dicari, Harganya Bikin Geleng-Geleng

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: