Panjat Pinang, Tutup Rangkaian Kegiatan HUT Kabupaten Mukomuko di Kecamatan Penarik

Panjat Pinang, Tutup Rangkaian Kegiatan HUT Kabupaten Mukomuko di Kecamatan Penarik

SERU: Keseruan lomba panjang pinang. Penonton histeris melihat keberhasilan peserta mencapai puncak.-Sahad Abdullah- radarmukomuko.com

PENARIK, RADARMUKOMUKO.COM - Panjat pinang menutup rangkaian HUT Kabupaten Mukomuko ke-20, di Kecamatan Penarik. Kamis 23 Februari 2023.

Ada 11 batang pinang persembahan para pengusaha setempat.  Terbagi menjadi 2 kategori. 7 pinang untuk kategori remaja dan dewasa, 4 pinang kategori anak-anak.

Total hadiah mencapai belasan juga. Dalam bentuk barang. Lomba batang pinang dilaksanakan sore hari. Warga juga disuguhi hiburan kuda kepang dari grup Turonggo Seto dari Desa Marga Mulya Sakti. Sebelumnya juga adakah lomba karaoke, khusus Kades. Serta Lomba kosidah. Kegiatan dipusatkan di lapangan pancasila Desa Lubuk Mukti.

BACA JUGA:Lalang Luas Laksanakan Titik Nol, Ini Pesan Kades Pada TPK

Pagi hari upacara bendera. Upacara bendera laksanakan pukul 09.10 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Camat Penarik, Evi Busmanja, S.Pd M.Si. Sedangkan peserta upacara terdiri dari Kades, perangkat desa, unsur pimpinan tingkat kecamatan, pelajar, dan masyarakat umum. Petugas upacara merupakan siswa SMKN 6 Mukomuko. Acara diikuti dan disaksikan oleh lebih dari 1.000 masyarakat. 

Di sekitar lapangan, tampak ratusan pedagang. Didominasi penjual makanan, mainan anak-anak. 

Camat Penarik, Evi Busmanja, menyampaikan rasa bangga atas atusias masyarakat mengikuti upacara. Upacara bendera, sengaja dilaksanakan lebih cepat dari jadwal kabupaten. 

"Upacara ini sengaja lebih cepat dari jadwal kabupaten. Tanggal 24 ada sidang paripurna, tanggal 25 upacara di kabupaten, kami ambil upacara tanggal 23," jelas Evi Busmanja. 

Salah satu tujuan kegiatan ini, agar warga merasakan adanya kegiatan HUT Kabupaten. Juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Beda dengan Hewan Lainnya, Begini Cara Capybara Bertahan Hidup dari Serangan Predator

"Tujuan utama tentu menumbuhkan rasa cinta terhadap daerah. Ada juga nuansa hiburan" ungkap Evi Busmanja. 

Tidak kalah penting, menumbuhkan ekonomi kecil. Para pedagang yang berjualan di sekitar lokasi upacara bisa mendapatkan keuntungan. Dengan sendirinya ada peningkatan ekonomi. 

"Meskipun mengadakan acara sendiri, kami tetap mengikuti kegiatan di tingkat kabupaten," ucap Evi Busmanja. 

Dikatakan camat, sukses acara ini tidak lepas dari dukungan semua pihak. Mulai dari panitia, Kades dan masyarakat Penarik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: