Apa Manfaat Vitamin K di dalam Tubuh?

Apa Manfaat Vitamin K di dalam Tubuh?

Apa Manfaat Vitamin K di dalam Tubuh?--

RADARMUKOMUKO.COM - Terdapat banyak sekali jenis vitamin yang sangat berguna bagi tubuh.

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang berfungsi untuk pembekuan darah yang optimal dan pencegahan pendarahan yang berlebihan.

Melansir Antara, menurut ahli diet nutrisi dari SRV Hospitals India Neha Choudhary, Vitamin K biasanya tidak digunakan sebagai suplemen makanan namun dapat ditemukan dalam sayuran hijau.

Sama seperti vitamin-vitamin lain, Vitamin K juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya untuk mengentalkan darah.

BACA JUGA:Wahai Para Pekerja, Perhatikan Edaran Bupati Ini, Bila Masuk Waktu Sholat

Vitamin ini juga memainkan peran penting dalam penyembuhan luka dan membalikkan efek berbahaya dari obat pengencer darah.

Selain itu, vitamin K juga membantu untuk mencegah gangguan pendarahan pada bayi yang baru lahir yang menunjukkan penyakit hemoragik yang di sebabkan karena kekurangan vitamin K.

Vitamin K juga membantu mencegah masalah osteoporosis, keropos tulang dan kesehatan gigi.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Terima Hibah Tanah Seluas 10 Ha dari Pemkab Lebong

Choudhary mengatakan vitamin K dapat mengaktifkan produksi osteokalsin, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dentin baru (jaringan kalsifikasi di bawah enamel gigi).

Orang yang memiliki kadar vitamin K yang rendah akan cenderung meningkatkan kemungkinan pendarahan yang tidak terkontrol.

Kekurangan vitamin ini berarti mengakibatkan tubuh mudah memar, terdapat gumpalan darah kecil di bawah kuku dan pendarahan dari daerah di mana tali pusar saat dicabut pada bayi yang baru lahir.

BACA JUGA:Ratusan Ribu Jiwa di Mukomuko Tercatat Bakal Terima Bantuan Pemerintah di 2023, Cek Datanya

Untuk itu penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K guna mengurangi risiko terjadinya pendarahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: