Ratusan Ribu Jiwa di Mukomuko Tercatat Bakal Terima Bantuan Pemerintah di 2023, Cek Datanya

Ratusan Ribu Jiwa di Mukomuko Tercatat Bakal Terima Bantuan Pemerintah di 2023, Cek Datanya

Ilustrasi Uang-Ibnu Rusdi-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM - Ratusan ribu jiwa di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu tercatat dalam daftar penerima bantuan sosial (Bansos) per Januari 2023. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Ansari melalui Sekretaris Fitriani Ilyas kepada radarmukomuko.com, Kamis, 12 Januari 2023. 

Menurut Fitriani, sejumlah warga calon penerima bantuan sosial program pemerintah tersebut telah terdaftar dalam Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS-NG) dan data kepesertaan Jaminan Kesehatan (Jamkesda) SK Januari 2023.   

BACA JUGA:Pemerintah Segera Berlakukan Tarif KIR Kendaraan Terbaru, Ini Rinciannya

‘’Berdasarkan data SIKS-NG dan data Jamkesda, total penerima bantuan sosial per Januari 2023 sebanyak 129.463 jiwa dari 20.419 KK,’’ ungkap Fitriani. 

Program bantuan sosial pemerintah yang bakal diterima masyarakat miskin dan kurang mampu di Kabupaten Mukomuko per Januari tahun 2023 terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN dan PBI APBD. 

BACA JUGA:Perda Larangan Merokok Kuras Ratusan Juta, Tapi Jadi Begini

Dijelaskan Fitriani, untuk penerima program PKH sebanyak 30.614 jiwa dengan jumlah 7.044 KK. Program BPNT sebanyak 13.375 KK. Program bantuan PBI APBN dengan jumlah 77.770 jiwa dan PBI APBD 21.079 jiwa. 

‘’Bantuan PKH dan BPNT dihitung dan dibagikan berdasarkan KK, sedangkan program bantuan PBI baik dari APBN maupun APBD penerimanya dihitung berdasarkan jumlah jiwa,’’ ungkap Fitriani. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: