Bawaslu Tegur KPU Usai Lantik PPK, Ini Sebabnya?

Bawaslu Tegur KPU Usai Lantik PPK, Ini Sebabnya?

Bawaslu Tegur KPU Usai Lantik PPK--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM  – Kemarin (4/1) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko resmi melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dimana ada sebanyak 75 PPK yang dilantik untuk 15 kecamatan. Menariknya pada pelantikan kemarin, tidak dibacakan naskah pelantikan, hanya pengambilan sumpah. Terkait hal ini, Bawaslu Mukomuko langsung memberi teguran lisan kepada KPU.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mukomuko, Padlul Azmi,SH mengakui sempat memberi teguran lisan ke KPU usai pelantikan. Karena dalam proses awal, tidak ada kata-kata melantik, hanya pengambilan sumpah. Oleh KPU, ini langsung di tindaklanjuti.

BACA JUGA:Dewan : Sertifikat Tumpang Tindih Penyebab Konflik Agraria

‘’Setelah kita tegur, mereka langsung menindaklanjuti, sehingga prosesinya sudah terpenuhi. 75 PPK ini sudah resmi dilantik dan akan bertugas,’’ katanya. 

Lanjutnya, pengambilan sumpah paginya, sedangkan pelantikan lengkap pada Pukul 11.30 WIB. Saat pelantikan seluruh PPK hadir, juga KPU dan ada Bawaslu. Meski pelantikan dilakukan secara terpisah,jelas Padlul, tidak ada masalah. Karena prosesi pelantikan masih dilakukan pada hari yang sama atau hanya berselang beberapa jam.

BACA JUGA:Mengintip Kebisingan Lato-Lato di Mukomuko

‘’Sekitar pukul 9.30 WIB dilakukan prosesi hanya pengambilan sumpah. Dan pukul 11.30 WIB KPU melakukan prosesi pelantikan. Seluruh anggota PPK tetap hadir dan lengkap. Termasuk anggota KPU Mukomuko. Hanya para tamu undangan  tidak menyaksikan prosesi pelantikan,’’ tuturnya.

Terpisah, Ketua KPU Mukomuko, Irsyad menyampaikan prosesi pengambilan sumpah yang dilakukan pihaknya sudah berdasarkan juknis dari KPU RI. Karena di SK tertulis berlaku sejak pelantikan. Dan adanya masukan dari Bawaslu, maka pihaknya memasukan kalimat atau kata-kata dilantik.

BACA JUGA:Simak!, Ini Kebijakan Terbaru yang Wajib Diketahui ASN, Sekda Mukomuko: Wajib Dipatuhi

‘’Tidak ada masalah terkait hal ini. Ada masukan teman-teman Bawaslu kami ikuti dan telah dilakukan berjalan dengan baik,’’ paparnya.

Diketahui sebanyak 75 orang PPK diambil sumpah dan dilantik. Puluhan anggota PPK itu mulai bertugas di 15 kecamatan masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang. Irsyad  mengingatkan tiga hal bagi angota PPK yakni integritas, profesionalitas dan loyalitas. Anggota PPK yang telah diambil sumpah dan dilantik hari ini (kemarin), tidak boleh lagi ada benturan dengan tugas lainnya, karena hal ini bisa mengganggu pekerjaan sebagai PPK. Ditambahkannya semua anggota PPK harus mengedepankan loyalitas terhadap pekerjaan dan tahapan yang ada karena rekam jejak yang ada di KPU sangat baik.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: