5 Profesi yang Dulu Ada Sekarang Sudah Punah

5 Profesi yang Dulu Ada Sekarang Sudah Punah

5 Profesi yang Dulu Ada Sekarang Sudah Punah--Sumber Foto : Bobo.id

RMONLINE.ID - Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, banyak profesi yang dulunya dianggap penting kini telah menghilang. 

Di bawah ini adalah lima profesi yang pernah ada dan memberikan gambaran tentang bagaimana perubahan zaman telah memengaruhi dunia kerja.

1. Alarm Manusia 

Profesi ini muncul sebelum teknologi alarm modern diciptakan. Para alarm manusia bertugas membangunkan orang dari tidur dengan cara mengetuk pintu atau memanggil mereka. 

Di Inggris, terutama selama revolusi industri, banyak pekerja yang perlu bangun lebih awal untuk pergi ke pabrik. 

BACA JUGA:Masak Mie Instan dengan Cara Ini Agar Lebih Sehat

BACA JUGA:4 Alasan Mengapa Mobil Matik Zaman Sekarang Banyak Pakai Transmisi CVT

Dengan cara ini, mereka memastikan bahwa pekerja tidak terlambat. Profesi ini menjadi kurang relevan seiring dengan munculnya alarm listrik dan perangkat seluler yang lebih efisien dalam membangunkan orang.

2. Pembaca Berita 

Di era sebelum radio dan televisi, profesi pembaca berita sangat penting. Pembaca berita ini bertugas untuk membacakan artikel dari surat kabar kepada pekerja pabrik, para petani, dan orang-orang yang tidak memiliki akses langsung ke media cetak. 

Dengan munculnya media massa modern, profesi ini punah, meskipun masih ada beberapa tempat, seperti di Kuba, di mana tradisi membaca berita kepada pekerja pabrik masih dipertahankan sebagai bagian dari kebudayaan.

3. Pengantar Es 

Pada abad ke-19, sebelum lemari es dan pendinginan modern ditemukan, orang-orang sangat bergantung pada es untuk menjaga makanan dan minuman tetap dingin. 

Profesi pengantar es muncul untuk memenuhi kebutuhan ini, di mana para pekerja membawa potongan es besar ke rumah-rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: