Siap-Siap Dampak Suhu Panas, Masyarakat Akan Merasa Lebih Gerah

Siap-Siap Dampak Suhu Panas, Masyarakat Akan Merasa Lebih Gerah

Siap-Siap Dampak Suhu Panas, Masyarakat Akan Merasa Lebih Gerah-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Beberapa daerah kemungkinan masih dilanda hujan, namun  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau sudah dimulai. 

Juga BMKG memprediksi berbagai daerah di Indonesia bakal terasa gerah dalam sepekan ke depan. Karena hampir seluruh wilayah di Indonesia akan dilanda suhu panas.

Untuk sebagian besar daerah suhu maksimum harian hingga mencapai 36 derajat celsius. Kondinsi ini akan membuat terasa lebih gerah.

Dilansir, dalam dua hari terakhir, kondisi suhu panas maksimum tersebut sudah mulai melanda sejumlah wilayah, mulai Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali.

BACA JUGA:Hari Ini Gerakan Tanam Padi Gogo Dukung Program PAT di Mukomuko, Dengan Target Seluas 216 Hektare

BACA JUGA:Bocoran, KPU Tetapkan Gambar Carano Dulang Sebagai Maskot Pilkada, Ini Maknanya

Berdasarkan hasil analisa tim ahli meteorologi BMKG, suhu terpanas di wilayah Aceh setinggi 36,6 derajat celcius dan Sumatera Utara 35,9 derajat celcius.

Tim meteorologi pada saat yang sama juga menganalisis suhu panas maksimum setinggi 34,8-34,0 derajat celcius melanda sebagian besar wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Bali.

Juga tim meteorologi BMKG mengkonfirmasi secara umum suhu panas maksimum pada siang hari tersebut disebabkan gerak semu matahari dengan jarak terdekat di ekuator.

Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia yang sebagaimana diprakirakan sebelumnya akan berlangsung Juni-September 2024.

BACA JUGA:Ini Kata Pelatih Filipina Melihat Antusias Supporter Indonesia di GBK, Suporter Indonesia Memang Gila

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Sediakan Dana Rp17 Miliar Bayar Gaji ke 13 PNS dan PPPK

Demi mengurangi dampak suhu panas, BMKG mengimbau masyarakat mengonsumsi air mineral secara cukup dan teratur supaya terhindar dari dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Kemudian menggunakan pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas, kacamata hitam melindungi mata, dan tabir surya untuk melindungi diri kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: