Bocoran, KPU Tetapkan Gambar Carano Dulang Sebagai Maskot Pilkada, Ini Maknanya

Bocoran, KPU Tetapkan Gambar Carano Dulang Sebagai Maskot Pilkada, Ini Maknanya

Bocoran, KPU Tetapkan Gambar Carano Dulang Sebagai Maskot Pilkada, Ini Maknanya-Istimewa-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko melaunching atau meluncurkan maskot Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati Mukomuko.

Bocorannya, sesuai dengan gambar yang beredar adapun maskot pemilihan Bupati Mukomuko dan pemilihan Gubernur di Mukomuko yaitu Cerano Dulang yang dijujung oleh boneka.

Untuk diketahui, carano adalah benda sakral berbentuk dulang dari kuningan. Biasanya dalam acara adar carano atau dulang ini dijujung di kepala, isinya daun sirih, kapur, gambir, pinang, dan tembakau. 

BACA JUGA:Pejabat Dinas Perikanan Mukomuko Ungkap Rencana Pengembangan TPI jadi Pelabuhan PPI Masuk Dalam Agenda RIPN

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Sediakan Dana Rp17 Miliar Bayar Gaji ke 13 PNS dan PPPK

Dilansir dari beberapa sumber, carano menjadi simbol yang sarat makna untuk diberikan kepada calon marapulai sebagai syarat meminang di Minangkabau.

Juga cerano sering digunakan dalam berbagai kegiatan adat lainnya, seperti penyambutan tamu dan sebagainya.

Terkait seperti apa makna dari carano dulang dijadikan maskot Pilkada, belum diketahui pasti karena KPU Mukomuko akan melanchingnya pada 15 juni 2024 ini.

Pj Ketua KPU Mukomuko, Marjono membenarkan bahwa maskot Pilkada Mukomuko tahun ini berupa dulang yang merupakan benda sakral yang sering digunakan masyarakat dalam acara adat.

"Maskotnya berupa dulang yang sering digunakan masyarakat dalam acara adat," paparnya.

Untuk diketahui, acara peluncuran maskot Pilkada akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, dimana paginya dimulai dengan jalan santai, senam sehat, terus pembagian doorprize dan launching maskot dan sosialisasi Pilkada damai. 

Malam harinya akan dilanjutkan dengan pesta rakyat dengan menampilkan grup band legendaris yaitu band gigi juga band dan penyanyi lokal, bahkan kesenian daerah.

Anggota KPU Misbahul Amri mengatakan, untuk jalan santai star dari simpang hotel Madiyara atau depan kantor PM dan finish di lapangan Pemda Mukomuko atau depan panggung utama.

BACA JUGA:Soal Maju Pilkada, Begini Penjelasan Dari Bupati Mukomuko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: