Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Olahraga Plank Setiap Hari? Inilah Dampaknya Bagi Tubuh

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Olahraga Plank Setiap Hari? Inilah Dampaknya Bagi Tubuh

Apa Yang Terjadi Jika Melakukan Olahraga Plank Setiap Hari? Inilah Dampaknya Bagi Tubuh-Ilustrasi-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Asik! Libur Hari Raya Idul Fitri 2024 Paling Panjang, Bisa Puas Jalan-jalan

BACA JUGA:Umat Muslim Perlu Tahu, Waktu-waktu Ini Haram Hukumnya untuk Menjalankan Puasa

Apabila menahan posisi plank selama 10 detik dirasa kurang, kamu bisa meningkatkannya menjadi 20 hingga 30 detik seiring berjalannya waktu. 

Lakukan peningkatan waktu ini secara bertahap agar tubuh dapat lebih mudah menyesuaikan, sehingga risiko cedera pun dapat dihindari. 

Nah, untuk menghindari dampak-dampak tersebut, sebaiknya kamu mengetahui dengan pasti kemampuan tubuh terutama dalam melakukan plank.

Apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu. Ada baiknya untuk mempertimbangkan bantuan dari instruktur atau pelatih yang sudah berpengalaman dalam melakukan olahraga plank ini.  

Namun, terlepas dari itu semua terdapat beberapa manfaat yang diperoleh tubuh apabila rutin melakukan plank salah satunya dapat memperkuat otot.

Plank adalah latihan yang bagus untuk otot perut karena melibatkan semua kelompok otot inti seperti otot oblique eksternal, rektus abdominis, abdominis transversal, dan glutes.

Ketika semua otot inti tersebut diperkuat, itu akan meningkatkan kemampuan untuk mengangkat beban berat serta meningkatkan kapasitas untuk memutar pinggang dan menekuk ke samping. Punggung dan bokong pun akan ikut tertopang dengan baik.

Kemudian, Manfaat olahraga plank setiap hari yang kedua yaitu memperbaiki postur tubuh.

Melakukan plank secara rutin sangat disarankan apabila kamu ingin menjaga atau memperbaiki postur tubuh. Melalui plank, tulang dan persendian akan tetap sejajar.

Pada gilirannya, postur tubuh yang baik akan memastikan punggung berada pada posisi yang benar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya nyeri punggung. Selain itu, postur tubuh yang baik juga mampu memberikan kesan percaya diri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: