Jalan Tembus Mukomuko – Kerinci Jambi Buka Peluang Ekonomi Baru

Jalan Tembus Mukomuko – Kerinci Jambi Buka Peluang Ekonomi Baru

Jalan Tembus Mukomuko – Kerinci Jambi Buka Peluang Ekonomi Baru-istimewa-

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Jika akses jalan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko Bengkulu tembus ke Lembur, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dibuka secara resmi oleh pemerintah, bakal menumbuhkan peluang ekonomi baru masyarakat.  

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mukomuko, Juni Kurnia Diana, SAP kepada radarmukomuko.com pada Rabu, 31 Januari 2024.

BACA JUGA:Pantas Cepat Tua, 5 Makanan Ini Yang Menimbulkan Penyakit Kronis? Ini Daftarnya 

Dikatakan Juni Kurnia, rencana pembukaan akses jalan tembus Kabupaten Mukomuko ke Kabupaten Kerinci Jambi sudah sejak lama diwacanakan. 

Menurut Juni Kurnia, ketika rencana ini benar-benar terwujud, bakal menjadi akses perekonomian masyarakat antar dua daerah tersebut. 

‘’Hemat kita, ada gesekan nilai ekonomi yang bakal tumbuh ketika ruas jalan Mukomuko tembus ke Kerinci ini dibuka. Masyarakat dari dua daerah ini akan lebih mudah berinteraksi,’’ kata Juni Kurnia Diana.

BACA JUGA:Simak, Inilah Makanan yang Menyebabkan Cepat Tua dan Rentan Terhadap Penyakit Kronis

Betapa tidak, kata Juni Kurnia Diana, ruas jalan tembus dari Kabupaten Mukomuko ke daerah Lempur Kabupaten Kerinci hanya berjarak sekitar 45 kilometer. 

‘’Kalau akses jalan ini sudah dibangun, ukurannya cukup satu jam perjalanan berkendaraan,’’ imbuhnya. 

Pembukaan jalan tempus antara dua provinsi, Bengkulu dan Jambi ini menemukan kendala. Diakui Juni Kurnia Diana, ruas jalan yang diwacanakan dibangun tersebut, sebagian harus melewati kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 

‘’Sebenarnya niat pemerintah untuk membuka ruas jalan ini cukup tinggi. Kita meyakini itu. Hanya saja, ada PR besar yang harus diselesaikan. Karena sebagai posisi jalan berada di koordinat hutan TNKS. Ini penting dikaji sebagai bahan pertimbangan. Prinsipnya, ketika pemerintah sepakat, jalan ini bisa dibangun,’’ paparnya. 

BACA JUGA:Enak dan Praktis, Ini Dia 5 Jus Buah dan Sayur yang Bagus Untuk Diet, Dijamin Ampuh Turunkan Berat Badan

Juni Kurnia selaku instansi yang mengurus urusan penanaman modal, ia mencermati peluang ekonomi baru ketika akses jalan ini dibangun akan tumbuh dengan sendirinya. 

‘’Dari sisi potensi ekonomi, masyarakat dari dua wilayah provinsi ini bisa berinteraksi dengan jarak yang lebih dekat. Misalnya, masyarakat Kerinci Jambi bisa memasarkan produksi pertanian dan perkebunan mereka ke Kabupaten Mukomuko. Pun sebaliknya, potensi ekonomi yang ada di Kabupaten Mukomuko, seperti sektor perikanannya bisa dijual ke daerah tersebut,’’ paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: