Pemerintah Segera Laksanakan Penutupan Mesin Diesel Listrik di Mukomuko, Pasca Beroperasinya Jaringan SUTT

Pemerintah Segera Laksanakan Penutupan Mesin Diesel Listrik di Mukomuko, Pasca Beroperasinya Jaringan SUTT

Pemerintah Segera Laksanakan Penutupan Mesin Diesel Listrik di Mukomuko, Pasca Beroperasinya Jaringan SUTT-Istimewa-

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah secara bersama dengan PT. PLN segera melaksanakan penutupan genset diesel sumber daya listrik di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. 

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI menyampaikan, penutupan listrik diesel pasca telah beroperasinya jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Gardu Induk (GI) 150 kV di wilayah Kabupaten Mukomuko sejak awal Januari 2024. 

Hasil uji coba pihak PLN, jaringan SUTT di Kabupaten Mukomuko yang dapat dituntaskannya pembangunannya di akhir tahun 2023 lalu, dapat beroperasi dengan baik. 

‘’Alhamdulillah, SUTT yang kita perjuangkan bersama sudah berfungsi dengan baik. Hasil rapat terakhir kita dengan pihak PLN, dalam waktu dekat secara seremoni bersama-sama menutup yang namanya pembangkit diesel di Kabupaten Mukomuko,’’ kata Bupati Mukomuko H. Sapuan. 

BACA JUGA:BWS Kunjungi Dampak Bencana Banjir di Mukomuko, Pemkab Segera Siapkan Dokumen Pendukung Penanganan Bencana

Penutupan mesin listrik tenaga diesel di Kabupaten Mukomuko dilaksanakan secara bertahap. Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pihak PLN baru-baru ini, ia mengatakan bahwa penutupan mesin diesel akan diberlakukan sementara di dua wilayah operasional. 

‘’Penutupan mesin diesel akan dilakukan untuk wilayah Dapil I dan Dapil 2. Khusus Dapil 3, genset tersebut belum bisa disetop total, namun akan dijadikan sebagai mesin cadangan,’’ kata Bupati Sapuan. 

Penutupan mesin diesel listrik tidak sekaligus di semua wilayah Kabupaten Mukomuko, secara teknis pihak PLN memiliki kajian dan alasan yang kuat. 

Dikatakan Bupati Sapuan, dari hasil koordinasi dengan pihak PLN, didapatkan bahwa jauhnya jarak gardu induk SUTT dengan Dapil 3, maka daya listrik untuk wilayah ini belum stabil. 

‘’Jauhnya gardu induk, hingga membuat tegangan ke Dapil 3 sedikit turun naik. Itu informasi teknis yang kami dapatkan dari PLN,’’ ujarnya.

BACA JUGA:Angkat Honorer Menjadi ASN PPPK, Begini Tanggapan Pemerintah Daerah Mukomuko  

Wilayah operasional listrik diesel Dapil 1 yang dimaksudkan Bupati Mukomuko, meliputi 5 wilayah. Kecamatan Kota Mukomuko, Air Manjuto, V Koto, XIV Koto dan Lubuk Pinang. 

Kemudian Dapil 2, meliputi Kecamatan Air Dikit, Penarik, Selagan Raya, Teramang Jaya dan Teras Terunjam.

Menyusul wilayah Dapil 3, mulai dari Kecamatan Pondok Suguh, Sungai Rumbai, Ipuh, Malin Deman dan Air Rami.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: