Jangan Diabaikan! Ini Dia Alarm dari Lambungmu yang Harus Kamu Dengar

Jangan Diabaikan! Ini Dia Alarm dari Lambungmu yang Harus Kamu Dengar

Jangan Diabaikan! Ini Dia Alarm dari Lambungmu yang Harus Kamu Dengar--

RADARMUKOMUKO.COM -  Lambung adalah organ pencernaan yang berfungsi untuk menyimpan dan mencerna makanan dengan bantuan asam Lambung

Lambung juga berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi dengan membunuh bakteri atau virus yang masuk bersama makanan. 

Namun, lambung bisa mengalami masalah yang bisa mengganggu kesehatan dan kenyamanan. Apa saja ciri-ciri orang yang lambungnya mulai bermasalah? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Ternyata Tidur di Siang Hari Sesuai Anjuran Nabi Memiliki Manfaat yang Baik Untuk Kesehatan

Menurut berbagai sumber, ada beberapa ciri-ciri orang yang lambungnya mulai bermasalah, seperti:

- Nyeri ulu hati. 

Ini adalah ciri paling umum dan khas dari masalah lambung. Nyeri ulu hati terasa seperti ditindih, ditekan, atau ditusuk di bagian atas perut, di bawah tulang dada. 

Nyeri ini bisa menyebar ke leher, rahang, bahu, atau lengan. Nyeri ulu hati biasanya terjadi setelah makan, saat stres, atau saat berbaring. Nyeri ulu hati bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan (refluks asam), luka atau peradangan di lambung (gastritis), luka atau peradangan di usus dua belas jari (duodenitis), atau luka berdarah di lambung atau usus (tukak lambung atau tukak duodenum).

- Mual atau muntah. 

Mual adalah perasaan tidak enak di perut yang membuat ingin muntah. Muntah adalah keluarnya isi perut melalui mulut. 

Mual atau muntah bisa terjadi karena lambung tidak bisa mencerna makanan dengan baik, karena adanya infeksi, peradangan, atau luka di lambung. Mual atau muntah juga bisa disertai dengan rasa pahit atau asam di mulut, atau keluarnya darah bersama muntah (hematemesis). 

BACA JUGA:Ternyata 5 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Menyebabkan Gejala Usus Buntu, Apa Saja?

Mual atau muntah bisa menandakan adanya infeksi lambung (gastritis akut), luka berdarah di lambung atau usus (tukak peptik), atau penyempitan atau sumbatan di lambung (stenosis pilorus).

- Perut kembung atau begah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: