Cara Menghindari Bahaya Makanan yang Dipanggang Seperti Ikan Bagi Kesehatan

Cara Menghindari Bahaya Makanan yang Dipanggang Seperti Ikan Bagi Kesehatan

Cara Menghindari Bahaya Makanan yang Dipanggang Seperti Ikan Bagi Kesehatan--

RADARMUKOMUKO.COM - Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin D, dan mineral yang bermanfaat untuk otak, jantung, dan tulang. Namun, cara memasak ikan juga berpengaruh pada kualitas nutrisi dan rasa yang dihasilkan. Salah satu cara memasak ikan yang sehat dan lezat adalah dengan memanggangnya.

Memanggang ikan adalah teknik memasak dengan menggunakan panas kering dari api atau pemanggang. Cara ini tergolong sehat karena tidak memerlukan tambahan minyak atau lemak. Selain itu, cara ini juga bisa membuat ikan terasa gurih dan renyah di luar, tetapi tetap lembut dan juicy di dalam. Namun, ada beberapa bahaya yang bisa timbul jika kita tidak berhati-hati dalam memanggang ikan.

BACA JUGA:Dari 405 Pendaftar PPPK TMS, 191 Sukses Perbaikan dan 214 Dinyatakan Tetap TMS

BACA JUGA:4 Jenis Rambu Lalulintas Berdasarkan Warna Yang Wajib Diketahui

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa bahaya makanan yang dipanggang seperti ikan bagi kesehatan antara lain:

- Meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang dipanggang dengan suhu tinggi bisa menghasilkan senyawa karsinogenik seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Senyawa-senyawa ini bisa merusak DNA dan menyebabkan mutasi sel yang bisa berkembang menjadi kanker, terutama di saluran pencernaan bagian atas.

- Menurunkan kandungan gizi

Makanan yang dipanggang dengan suhu tinggi juga bisa menghilangkan sebagian besar kandungan gizi seperti protein, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan kita kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

- Menimbulkan reaksi alergi.

Makanan yang dipanggang dengan suhu tinggi juga bisa mengubah struktur protein yang ada di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita bereaksi berlebihan dan menimbulkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam, atau sesak napas.

BACA JUGA:Cerita Syekh Yusuf Menjadi Pahlawan Indonesia dan Afrika Selatan

BACA JUGA:Jenis Makanan Yang Baik Untuk Anak Agar Tumbuh Cerdas dan Sehat

Oleh karena itu, kita perlu menghindari bahaya makanan yang dipanggang seperti ikan bagi kesehatan dengan cara-cara berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: