Ini Alasan Tidak Dianjurkan Mengkonsumsi Telur Mentah dan Telur Setengah Matang Karena Ada Bakteri Salmonella

Ini Alasan Tidak Dianjurkan Mengkonsumsi Telur Mentah dan Telur Setengah Matang Karena Ada Bakteri Salmonella

Ini Alasan Tidak Dianjurkan Mengkonsumsi Telur Mentah dan Telur Setengah Matang Karena Ada Bakteri Salmonella--

RADARMUKOMUKO.COM - Telur adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan lengkap, sehingga disebut sebagai protein terbaik setelah air susu ibu (ASI). 

Selain protein, telur juga mengandung lemak, vitamin, mineral, dan kolesterol. 

Namun, jangan sembarangan mengonsumsi telur mentah atau setengah matang karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, telur mentah dan telur setengah matang mungkin mengandung Salmonella, sejenis bakteri yang berbahaya. Makan telur mentah yang terkontaminasi Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan dengan gejala kram perut, diare, muntah, dan demam.

BACA JUGA:7 Langkah Praktis Cara Merebus Telur Agar Mulus Tidak Pecah dan Gampang Dikupas

BACA JUGA:Resep Tahu Telur Sederhana, Makanan Khas Surabaya yang Mudah dan Enak

Gejala keracunan makanan bisa serius dan berbahaya pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, misalnya lansia, balita, atau orang yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, kanker, dan infeksi HIV.

Salmonella biasanya terdapat pada cangkang telur, namun terkadang juga bisa masuk ke dalam telur melalui retakan kecil yang terkadang tak terlihat. Bakteri ini bisa berkembang biak dengan cepat jika telur disimpan di tempat yang lembap dan hangat. Oleh karena itu, penting untuk memilih dan menyimpan telur dengan benar agar terhindar dari kontaminasi bakteri.*

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengonsumsi telur dengan aman:

- Pilihlah telur yang masih segar dan bersih. Anda bisa mengecek kesegaran telur dengan cara memasukkannya ke dalam air. Jika telur tenggelam ke dasar mangkuk, berarti masih segar. Jika mengapung ke atas permukaan, berarti sudah busuk.

- Simpanlah telur di tempat yang kering dan sejuk, misalnya di dalam kulkas. Hindari menyimpan telur di dekat bahan makanan lain yang berbau atau mudah busuk.

- Cucilah telur sebelum digunakan dengan air mengalir. Jangan mencuci telur sebelum disimpan karena bisa merusak lapisan pelindung alami pada cangkang telur.

- Masaklah telur sampai matang agar terhindar dari bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Jangan mengonsumsi telur mentah atau setengah matang karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA:Warna Kuning Telur Tidak Menentukan Kualitas atau Nutrisinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: