Sering Dianggap Bermanfaat, Ternyata Makan Telur Mentah Bisa Menuai Bahaya, Ini Penjelasannya!

Sering Dianggap Bermanfaat, Ternyata Makan Telur Mentah Bisa Menuai Bahaya, Ini Penjelasannya!

Sering Dianggap Bermanfaat, Ternyata Makan Telur Mentah Bisa Menuai Bahaya, Ini Penjelasannya!-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Kamu suka makan telur mentah? Sebelum kamu terlalu senang dengan ide tersebut, ada baiknya kita bahas sedikit tentang potensi bahayanya. 

Meskipun sering dianggap bermanfaat, ternyata makan telur mentah bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Nah, mari kita kupas lebih dalam tentang hal ini!

Telur mentah, baik itu dimakan mentah atau dalam bentuk minuman seperti telur orak-arik, telah menjadi tren di kalangan beberapa pecinta kebugaran dan penggemar makanan sehat. 

Mereka percaya bahwa telur mentah adalah sumber protein berkualitas tinggi dan nutrisi lainnya, serta dapat meningkatkan energi dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, di balik manfaat yang mungkin terlihat, ada risiko yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Punya Rasa yang Terkenal Pahit Ternyata Tanaman Sambiloto Bisa Dijadikan Obat Amandel, Begini Cara Membuatnya

BACA JUGA:Paling Banyak Dicari, Ternyata Bawang Putih Tunggal Menyimpan Khasiat Luar Biasa, Apa Saja?

Salah satu risiko utama dari mengonsumsi telur mentah adalah terpaparnya bakteri berbahaya seperti Salmonella. 

Telur biasanya mengandung bakteri ini di bagian luarnya, dan meskipun kulit telur mungkin tampak bersih, bakteri masih bisa masuk ke dalam telur melalui pori-porinya. 

Jika telur dimakan mentah, bakteri Salmonella ini bisa menyebabkan infeksi serius pada saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan gejala seperti diare, muntah, demam, dan bahkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Selain itu, ada juga risiko terpapar bakteri lain seperti Campylobacter dan Escherichia coli (E. coli) yang dapat menyebabkan infeksi serius lainnya. 

Meskipun kasus infeksi akibat telur mentah jarang terjadi, risiko tersebut tetap ada, terutama bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak-anak kecil, wanita hamil, orang tua, dan individu dengan kondisi medis tertentu.

BACA JUGA:Rahasia Manfaat Tidur Menghadap Kanan Ternyata Lebih Dari Sekedar Kebiasaan

BACA JUGA:Inilah Manfaat Minum Air Fermentasi Pohon Aren yang Baik untuk Kesehatan

Namun, bukan berarti kamu harus sepenuhnya menghindari telur dalam dietmu. Telur mentah tidak boleh dikonsumsi, tetapi telur yang dimasak dengan baik, baik itu direbus, digoreng, atau dipanggang, merupakan sumber protein yang sangat baik dan aman untuk dikonsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: