7 Macam Rempah-Rempah Yang Dicari Bangsa Penjajah Saat Datang ke Indonesia, Harganya Selangit

7 Macam Rempah-Rempah Yang Dicari Bangsa Penjajah Saat Datang ke Indonesia, Harganya Selangit

7 Macam Rempah-Rempah Yang Dicari Bangsa Penjajah Saat Datang ke Indonsia, Harganya Selangit--

Rempah yang memiliki aroma harum dan rasanya yang khas membuat kayu manis biasa digunakan sebagai pelengkap pada kue atau pada minuman. Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Daerah persebarannya banyak terdapat di Jambi, Sumatra Barat, dan DI Yogyakarta. Pada 2016, nilai ekspornya berada di urutan kedua di bawah lada dengan nilai USD44,8 juta.

Pala

Buah pala, selain berfungsi sebagai rempah-rempah, pala juga menjadi komoditas penghasil minyak atsiri. Adaun pala merupakan tanaman khas Banda dan Maluku.

BACA JUGA:Jepang Masuk Indonesia Sejak 1938 dan Mulai Menjajah 1942, Begini Sejarah dan Tujuannya

BACA JUGA:Cerita Penjajahan Yang Diajarkan di Sekolah Belanda, Berbeda Dengan Buku Sejarah Indonesia

Pala banyak tersebar di Bengkulu, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. 

Vanili

Rempah vanili bukan tanaman khas Indonesia, namun berasal dari Meksiko. Akan tetapi di Indonesia sudah banyak dibudidayakan terutama di daerah Jawa Timur, Lampung, NTT, Jawa Tengah, Jawa Tengah, dan D.I. Yogyakarta. 

Jahe

Jahe juga salah satu komoditas rempah unggulan Indonesia. Jahe memiliki khasiat bagi kesehatan terutama digunakan sebagai bahan obat herbal. Tanaman ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Kunyit

Tanaman ini memiliki sejarah sebagai tanaman untuk pemakaian obat. Di Asia Tenggara, kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu utama tetapi juga sebagai komponen upacara religius.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: